20 Penjaga Perlintasan KA Disiapkan Dishub Bogor

  • Oleh :

Sabtu, 05/Okt/2019 00:29 WIB


BOGOR (BeritaTrans.com) - Sebanyak 20 penjaga perlintasan kereta api disiapkan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kecelakaan di pintu perlintasan yang tidak memiliki penjaga.

Jadi mereka ini nantinya yang akan menjaga pintu perlintasan kereta api Parungpanjang. Mereka akan ditempatkan di wilayah Kabasiran, Lumpang, Gintung Cilejet, Tenjo dan lain sebagainya, kata Sekcam Parungpanjang, Icang Aliyudin.
Menurutnya, hal ini juga sekaligus menjawab aduan dan keresahan masyarakat terkait seringnya terjadi kecelakaan di perlintasan kereta api yang tidak memiliki penjaga. Untuk itu, ke-20 calon penjaga perlintasan ini akan terlebih dahulu diberikan pelatihan. Rencananya 8 orang penjaga perlintasan akan diambil dari Desa Kabasiran dan Parungpanjang. Nantinya mereka akan menjadi pegawai outsourcing Dishub Kabupaten Bogor, ucap dia.Icang menuturkan, sebenarnya pihaknya pernah mengusulkan terkait penjaga pintu perlintasan kereta api diisi dengan memberdayakan Linmas. Akan tetapi, karena program ini milik Dishub Kabupaten Bogor, maka pihaknya menyerahkan ke pemerintah. Sesuai protap nya pun harus usia produktif (usia 25-30 tahun). Jadi, kita tidak bisa ikut campur, imbuhnya.Kita juga pernah meminta dibuatkan palang pintu yang resmi, yang menggunakan tombol itu. Tapi katanya tidak ada anggaran dan pintu perlintasan ini pun tidak resmi, maka akhirnya diputuskan untuk merekrut 20 penjaga pintu perlintasan, ujarnya. [dan/metropolitan.id/foto: ist]