Kapal RoRo 28 Ribu GT, Terbesar dan Termewah Layani Rute Makassar-Surabaya

  • Oleh :

Selasa, 03/Mar/2020 19:16 WIB


MAKASSAR (BeritaTrans.com) - Janji PT Dharma Lautan Utama (DLU) untuk menghadirkan kapal roro terbesar dan termewah di ulang tahunnya yang ke-44, akhirnya dibuktikan. Senin (2/3/2020) pukul 11.00 Wita, KM Dharma Kencana VII merapat di dermaga Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar.Kapal ini telah melakukan perjalanan sekitar 31 jam dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Dalam pelayaran perdana ke Makassar, kapal yang dinakhodai Kapten Solihin ini mengangkut sepuluh orang penumpang dan 29 unit mobil truk Fuso.Manajer Cabang PT DLU Makassar Budiono didampingi Perwira Komunikasi Ahmad Hasan, mengajak wartawan, termasuk kru Berita Kota Makassar untuk melihat dari dekat bagaimana keistimewaan yang dimiliki kapal roro buatan Jepang ini, dibandingkan kapal roro lainnya yang telah dioperasikan PT DLU Cabang Makassar dalam melayani angkutan penumpang dan barang di berbagai wilayah kawasan timur Indonesia.

Untuk ruang tidur ekonomi, kami lebih memprioritaskan kepada penumpang yang menggunakan tempat tidur. Nanti kalau ruang tidur ini sudah penuh, baru kami menggunakan ruang ekonomi yang melantai seperti ini, ujar Budiono.
Bukan itu saja, kapal yang memiliki bobot 28 ribu gross ton (GT) ini juga memiliki ruang menyusui di dek enam. Bisa menampung sebanyak 15 orang. Ruang yang sama di dek tujuh bisa menampung kisaran 20 sampai 24 orang.Ada juga ruang musolah yang dapat menampung puluhan jamaah. Restoran dengan daya tampung hingga 160 orang, ruang medis, minimarket, kafetaria yang sekaligus juga menyiapkan ruang merokok, dan ruang untuk live music dengan daya tampung hingga 260 orang.Untuk live music ini, dilakukan pertunjukan sebanyak tiga kali selama dalam perjalanan. Para penumpang akan dihibur penyanyi-penyanyi handal PT DLU yang dijamin bisa menghibur penonton selama menempuh perjalanan, tutur Budi, panggilan akrab Budiono.Sebelum menghadirkan KM Dharma Kencana VII, untuk rute Surabaya-Makassar, PT DLU mengoperasikan kapal roro yang juga terbilang cukup eksklusif, yakni KM Dharma Rucitra VII. Selanjutnya, KM Dharma Rucitra VII melayani rute Surabaya-Balikpapan-Batulicin.KM Dharma Kencana VII betul-betul adalah sebuah kapal yang terbesar dan termewah. Terbesarnya, kapal ini memiliki panjang 186 meter dengan daya tampung penumpang sebanyak 1.060 orang serta 265 unit mobil dan truk.Termewahnya adalah saat mulai memasuki ruangan kapal, serasa memasuki area hotel berbintang. Kamar dibuat secara berhadap-hadapan seperti layaknya di hotel. Sementara untuk naik maupun turun, selain disiapkan tangga manual, juga ada eskalator.Janji kami untuk menghadirkan kapal roro terbesar dan termewah yang akan melayani rute Makassar-Surabaya, sekarang sudah tersedia. Kami siap memberikan pelayanan terbaik kepada setiap penumpang. Untuk tarif, kami berlakukan relatif cukup terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, terang Budi.Tentang target penumpang dan angkutan barang, Budi mengatakan, tentu pihaknya berharap sebanyak-banyaknya. Apalagi dengan berbagai fasilitas yang disiapkan, akan memanjakan setiap penumpang.Untuk keselamatan penumpang, dengan kapasitas penumpang 1.060 orang, kami menyiapkan jaket keselamatan untuk penumpang dewasa sebanyak 1.560 buah dan anak-anak 175 orang, serta sekoci empat buah berkapasitas 25 sampai 50 orang, jelas Budi.(ahmad/BKM/foto:ist)