Lomba Desain Poster Balitbanghub Diserbu Ratusan Peserta, 15 Pemenang Raup Jutaan Rupiah

  • Oleh : Naomy

Senin, 02/Nov/2020 11:55 WIB
Salah satu kategori pemenang lomba poster Balitbanghub (Foto.Beritatrans.com) Salah satu kategori pemenang lomba poster Balitbanghub (Foto.Beritatrans.com)

JAKARTA (BeritaTrans.com) Dalam rangka memeriahkan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 17 September 2020, Kementerian Perhubungan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) menggelar berbagai kegiatan lomba yang melibatkan masyarakat.

Balitbanghub sebagai ujung tombak pengembangan transportasi di Indonesia ikut meramaikan kegiatan Harhubnas ini dengan menggelar lomba desain poster digital dengan tajuk Wujudkan Transportasi Sehat, Aman, dan Produktif Menuju Indonesia Maju.

Lomba ini dibuka untuk masyarakat umum dan terbagi kedalam lima moda transportasi. Menariknya, antusias masyarakat sangat tinggi.

Selama periode lomba, terdapat 610 peserta yang telah mengirimkan karyanya, dan terbagi kedalam lima moda.Untuk transportasi jalan 160 peserta, moda transportasi kereta api 138 peserta, moda transportasi antarmoda 101 peserta, moda transportasi laut dan SDP 66 peserta, serta moda transportasi udara 113 peserta.

Kita patut mengapresiasi semangat semua peserta yang telah berpartisipasi mengemas ide mereka kedalam sebuah desain, tentu akan menjadi tantangan tersendiri dalam menyeleksi ratusan karya tersebut menjadi 3 finalis terbaik, ujar Kepala Balitbanghub, Umiyatun Hayati Triastuti.

Hayati menambahkan, pada tahun sebelumnya, lomba lomba untuk menyemarakkan Harhubnas berupa lomba olahraga, namun semua konsep tersebut harus dibatalkan mengingat kondisi yang dialami Indonesia dan seluruh dunia demi menjaga kesehatan dan keselamatan, sehingga lomba digelar secara digital.

"Kurator Balitbanghub telah menyaring 610 desain poster yang telah diunggah pada laman Instagram dengan berdasarkan kelengkapan data dukung administrasi dan juga pemenuhan kriteria penilaian," kata Hayati.

Pihaknya melakukan penyaringan hingga tersisa 10 karya terbaik, selanjutnya dewan juri akan menentukan pemenang berdasarkan hasil penilaian yang sesuai kriteria.

Penilaian dilanjutkan oleh dewan juri untuk menentukan tiga finalis terbaik untuk masing-masing moda transportasi.Dewan juri pada perlombaan ini adalah Staf ahli menteri bidang logistik, multimoda dan keselamatan perhubungan Dr. Kris Kuntadi, Staf ahli bidang hukum dan reformasi birokrasi, Umar Aris, Ketua Komisi Informasi Pusat Abdul Hamid Dipopramono, Juru Bicara Menhub Adita Irawati, serta Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Agus Taufik Mulyono.

Dari ratusan peserta yang mendaftar, telah terpilih tiga karya terbaik dari masing-masing moda transportasi, diantaranya:

Kategori transportasi Antar Moda:

1. Steven Andre Sahardjo

2. Alfian Mada Prasetya

3. Maesaroh

Kategori moda transportasi jalan:

1. Reza Fikri Pahlevi

2. Rezky Nugraha

3. Ketut Aditya Kusuma

Kategori moda transportasi Perkeretaapian:

1. Sandy Nur Alfianto

2. Riswandi Amir

3. Ahmad Afif

Kategori moda transportasi Laut SDP:

1. Reka Andriyani

2. M. Yusuf Ramadhan

3. Rian Nofitri Sanjaya

Kategori moda transportasi Udara:

1. Ikhtiar Maulana Hafids Nur

2. Akmal Maulana

3. Fitri Anggraeni.

Lomba ini dimulai 7 September 2020 dan ditutup 21 September 2020 dengan hadiah menarik puluhan juta rupiah. (omy)