DAMRI Optimalkan Pelayanan pada Pelanggan dengan Fleet Management System Berbasis Digitalizes

  • Oleh : Ahmad

Rabu, 18/Nov/2020 12:47 WIB
DAMRI Fleet Management System Berbasis Digitalizes (foto:humasDAMRI) DAMRI Fleet Management System Berbasis Digitalizes (foto:humasDAMRI)

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Memasuki ulang tahun ke 74, DAMRI tidak henti-hentinya  melakukan pembenahan diri dengan terus mengembangkan manajemen berbasis digital mengingat semakin ketatnya persaingan di industry transportasi modern 4.0.

Tidak hanya dalam layanan media sosial dan situs web, DAMRI juga telah mengembangkan berbagai aplikasi yang dapat memudahkan pelanggan, juga mengoptimalkan kinerja operasional serta proses control and monitoring.

 

 

DAMRI Fleet Management System (DFMS)

Mengacu pada teknologi untuk bertukar informasi antara armada kendaraan dengan platform pusat untuk memastikan kinerja armada DAMRI produktif. Sistem ini memberikan visibilitas secara mendetail terhadap aktivitas kendaraan. Selain itu, data-data pemantauan dapat menjadi sebagai bahan pertimbangan terpercaya untuk mengoptimalkan armada.

DAMRI Tracking System atau sistem pelacakan telah menempatkan perangkat GPS (Global Positioning System/Sistem Pemosisi Global) pada setiap armada untuk mengetahui lokasi akurat. Selain pemasangan GPS, pemasangan CCTV pada setiap bus membantu untuk memantau setiap aktivitas di dalam bus guna mencegah hal yang tidak diinginkan.

Dengan pemasangan kedua alat tersebut, DAMRI juga memiliki DAMRI Central Control Room (DCCR) yang berada di Kantor Pusat maupun Kantor Cabang untuk mengamati dan mengendalikan kondisi operasional. Dengan adanya DCCR menginformasikan keadaan bus yang sekiranya perlu untuk melakukan perawatan maupun pergantian onderdil dengan mudah dan cepat. Dalam kondisi tertentu yang tidak diinginkan (force majeure) hal ini mempermudah komunikasi antara tim operasional dan manajemen untuk respon cepat tanggap.

 

 

Sistem Informasi Manajemen Administrasi DAMRI

Dalam melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance, DAMRI mengoptimalkan Sistem Informasi Manajemen Administrasi (SIMA) DAMRI untuk melakukan pentahapan yang cermat berdasarkan analisis atas situasi dan kondisi perusahaan, serta tingkat kesiapannya.

SIMA DAMRI sendiri tergolong dalam beberapa bagian, terdapat SIMA Teknik, SIMA SDM (Human Resources Information System), SIMA Operasi, SIMA Keuangan, SIMA Umum, dan divisi lainnya.

Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai pendukung pencapaian tujuan dan sasaran organisasi yang diimbangi dengan keefektifan dan efisiensi dalam pengelolaannya. Dengan adanya SIMA DAMRI, manajemen dapat menerapkan prinsip Good Corporate Governance, seperti transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian dan kewajaran.

Dengan pemanfaatan dan penerapan SIMA DAMRI, manajemen mengedepankan integrasi dan transparansi guna mencegah segala bentuk kecurangan atau whistleblowing. Aktivitas di dalamnya seperti menyusun perhitungan data, melakukan sortir data, pengelompokkan data dan penyederhanaan data.

Tiket Elektronik dan Pembayaran Non Tunai

Tiket elektronik telah dikembangkan melalui beragam saluran. DAMRI Apps (untuk pengguna Android)  dan Tiket.damri.co.id untuk memudahkan pengguna untuk mengecek jadwal bus hingga pembelian tiket melalui genggaman telepon pintar. Kedepannya DAMRI Apps akan segera hadir untuk pengguna iOs. Selain itu, tiket DAMRI dapat dibeli melalui saluran agen perjalanan digital seperti Redbus dan Traveloka.

Dengan sistem perlindungan pembayaran 100% aman, DAMRI selalu memerhatikan keamanan transaksi dengan menggunakan RapidSSL untuk mengamankan jaringan dan melindungi akses pelanggan dari pihak yang tidak berkepentingan yang dapat dilakukan melalui beragam pilihan metode pembayaran, seperti Pembayaran kartu debit atau kartu kredit, Link Aja, Gopay, OVO, DANA, Virtual Account maupun transfer bank.(ahmad)