Keluhkan Sakit Perut, Penumpang Lion Air Melahirkan di Pesawat Rute Jayapura-Makassar

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 18/Nov/2020 20:58 WIB
Pesawat Lion Air JT-797 Boeing 737-900ER, yang membawa penumpang melahirkan. (Foto:LionAir) Pesawat Lion Air JT-797 Boeing 737-900ER, yang membawa penumpang melahirkan. (Foto:LionAir)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Seorang penumpang Lion Air bernama Anastasia Geavani, melahirkan di dalam pesawat dengan penerbangan Jayapura-Makassar, Selasa (17/11/2020).

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, ibu itu melahirkan di dalam pesawat JT-797 Boeing 737-900ER dalam perjalanan Merauke-Jayapura- Makassa-Jakarta.

Baca Juga:
Lion Air Layani Rute Lombok - Makassar Mulai 27 Maret

Lion juga memastikan bahwa penanganan proses persalinan sudah sesuai standar prosedur (SOP).

Lion Air telah mempersiapkan penerbangan JT-797 secara tepat, pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-JT sebelum diberangkatkan sudah menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan serta dinyatakan laik dan aman untuk terbang (airworthy for flight).

Baca Juga:
Pesawat Lion Air Surabaya-Jeddah Berputar-putar di Langit Binjai, Ternyata ini Penyebabnya

"Kru yang bertugas dalam kondisi sehat, serta seluruh penumpang telah menjalani pemeriksaan sebagaimana ketentuan yang berlaku," ujar Danang dalam keterangan resminya, Rabu (18/11/2020).

Lion Air penerbangan JT-797 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Sentani dengan jadwal keberangkatan pukul 13.35 WIT (Waktu Indonesia Timur, GMT+ 09).

Baca Juga:
Lion Air Resmi Terbangi Langit Ternate - Jakarta

"Kira-kira 50 menit dari jadwal terbang, pendamping dari penumpang dimaksud meminta bantuan kepada awak kabin bahwa mengeluh sakit perut dan meminta air putih hangat," kata Danang.

Pimpinan awak kabin (senior flight attendant/ SFA) bernama Novitalia bersama kru kabin lainnya menghampiri langsung guna mengetahui kondisi aktual penumpang. Setelah mendapatkan informasi detail, SFA segera melakukan pengumuman (announcement) apakah dalam penerbangan terdapat profesi dokter.

Satu penumpang atas nama Marthina Setiawati Randabunga mengaku sebagai dokter dengan menunjukkan identitas resmi serta dokumen pendukung lainnya.

Koordinasi dan kerjasama yang baik antara awak kabin dan dokter membuat proses persalinan penumpang dilakukan di kursi bagian belakang pesawat secara normal. Ibu dan anak dalam keadaan sehat.

Pilot pesawat, Captain Eirstanto Prabowo bersama kopilot Tanto Adi Prasetyo setelah berkoordinasi dengan dokter dan awak kabin memutuskan untuk pengalihan pendaratan ke bandar udara terdekat, yakni Bandar Udara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku (AMQ).

Pilot menginformasikan kepada petugas lalu lintas udara dan petugas darat, dalam penerbangan terdapat penumpang yang membutuhkan penanganan kesehatan lebih lanjut.

Pesawat mendarat pukul 15.49 WIT. Setelah pesawat parkir pada tempatnya dan pada posisi sempurna, petugas layanan darat Lion Air bersama tim medis segera menangani penumpang yang melahirkan untuk dibawa ke rumah sakit terdekat.

Pesawat tersebut kembali mengudara dari Bandar Udara Internasional Pattimura tujuan Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pukul 16.30 WIT. Pesawat tiba pukul 17.15 WITA.

Kini seluruh petugas dan kru yang terlibat pada kejadian tersebut juga telah diapresiasi oleh pihak perusahaan maskapai penerbangan tersebut. (fhm)