Kapal Perang Rusia Usir Kapal Penghancur AS di Laut Jepang

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 24/Nov/2020 21:11 WIB
Foto: ilustrasi kapal perang Rusia Foto: ilustrasi kapal perang Rusia

Jakarta (BeritaTrans.com)  - Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan angkatan lautnya berhasil mengusir kapal perusak USS John S. McCain milik Amerika Serikat yang diduga beroperasi secara ilegal di perairan teritorial Rusia di Laut Jepang.

Moskow mengatakan kru Kapal Perang Admiral Vinogradof melacak kapal tersebut yang diduga melanggar perairan teritorial Rusia pada 0317 GMT dan masuk sejauh dua kilometer dari perbatasan. "Insiden ini terjadi di Peter the Great Gulf," bunyi keterangan pihak Rusia dikutip dari Reuters, Selasa, 24 November 2020.

Baca Juga:
Berani! Houthi Yaman Balas Serang Balik Kapal Perang AS

Menurut pemerintah Rusia, kru Kapal Admiral Vinogradof telah memperingatkan agar kapal AS meninggalkan daerah itu. Mereka mengancam akan menabraknya untuk memaksanya pergi. Akhirnya, kata Rusia, Kapal AS tersebut segera kembali ke wilayah netral.

Seperti diberitakan Reuters, insiden semacam ini jarang terjadi. Namun peristiwa ini menggarisbawahi hubungan diplomatik dan militer yang buruk antara Rusia dan Amerika Serikat.

Baca Juga:
Bantu Turki, AS Kerahkan Kapal Induk ke Laut Mediterania

 

Setelah dikejar, menurut Kementerian Pertahanan Rusia, kapal perusak AS itu tidak lagi mencoba memasuki perairan Rusia. Namun Kapal Perang Vinogradov terus disiagakan untuk mengamati pergerakannya. Moskow juga mengirim kapal lain jenis Corvette ke daerah itu.

Baca Juga:
KSAL Tegaskan 4 Kapal Perang Indonesia Siaga di Laut Natuna: Kapal China Hanya Boleh Melintas

(lia/sumber:tempo.co)