Angkasa Pura I Raih Penghargaan BUMN Informatif dari KIP

  • Oleh : Naomy

Rabu, 25/Nov/2020 19:39 WIB
Pemberian Penghargaan KIP kepada Angkasa Pura I (Hms AP I) Pemberian Penghargaan KIP kepada Angkasa Pura I (Hms AP I)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura I (Persero) raih penghargaan sebagai BUMN Informatif dengan nilai 90,72 dari Komisi Informasi Pusat (KIP) pada ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik.

Status klasifikasi "Informatif" merupakan status penghargaan terbaik bagi badan publik yang selenggarakan layanan informasi publik. 

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Adapun klasifikasi lainnya yaitu "Menuju Informatif", "Cukup Informatif", "Kurang Informatif", dan "Tidak Informatif".

Penghargaan tersebut diumumkan dan diserahkan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin kepada Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi secara virtual, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

"Sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pewujudan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih melalui keterbukaan informasi publik, kami senantiasa melakukan perbaikan berkelanjutan dalam implementasi layanan informasi publik," Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Selain melakukan pengembangan kompetensi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Angkasa Pura I juga melakukan inovasi seperti optimalisasi media digital untuk layanan informasi publik ini. 

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 7,4 Juta Penumpang selama Angkutan Lebaran

"Kami berterimakasih kepada KIP dan pemangku kepentingan terkait atas apresiasinya terhadap upaya kami dalam memberikan layanan informasi publik," ujarnya.

Penghargaan ini, lanjut Faik, merupakan apresiasi terhadap para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan pegawai Angkasa Pura I lainnya yang turut berkontribusi terhadap layanan informasi publik Angkasa Pura I yang andal. 

"Semoga penghargaan ini dapat menjadi penyemangat bagi PPID dan pegawai terkait layanan informasi publik Angkasa Pura I untuk dapat memberikan layanan informasi publik yang lebih baik lagi," ujar Faik. 

Adapun inovasi layanan informasi publik Angkasa Pura I terkait optimalisasi media digital yaitu:

1. Pembuatan website khusus layanan informasi publik dengan alamat ppid.ap1.co.id yang terintegrasi dengan website utama ap1.co.id.

2. Optimalisasi fitur permohonan informasi online melalui website yang terintegrasi dengan email khusus PPID 

3. Pembuatan video animasi tutorial permohonan informasi yang dapat diakses pada website. 

4. Aktivasi media sosial yang menarik yakni mengedepankan konten-konten yang kreatif, informatif, dan edukatif, yang mana mampu meningkatkan follower hingga 18.000 selama delapan bulan terakhir. 

5. Optimalisasi media-media seperti giant wall sebagai media informasi perkembangan perusahaan. 

6. Dalam kaitannya dengan kolaborasi dengan instansi serta publik dalam proses penyedaan, pelayanan, hingga penyebarluasan informasi, selama Januari hingga Agustus 2020 sudah ada 40 konten kolaborasi bersama 14 instansi dan lembaga sosial.

Ke depannya, untuk mendukung pengembangan layanan informasi publik perusahaan, akan dibuat aplikasi mobile agar semakin memudahkan publik dalam melakukan permohonan informasi ke Angkasa Pura I. (omy)