Puncak Arus Penumpang dan Kendaraan di Libur Nataru Diprediksi 23 dan 24 Desember

  • Oleh : Naomy

Kamis, 26/Nov/2020 07:09 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR (BKIP) Menhub Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR (BKIP)

JAKARTA (BeritaTrans.com) -  Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus penumpang dan kendaraan di libur Natal 2020 dan Tahun baru 2021 (Nataru).

Pihaknya menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, akan melakukan upaya antisipasi adanya lonjakan penumpang dan kendaraan pada libur

Baca Juga:
Libur Usai, Kedatangan Penumpang di Terminal Bekasi Ramai di Tengah Arus Keberangkatan

"Puncak arus penumpang dan kendaraan diprediksi terjadi pada 23 s.d 24 Desember 2020, sementara puncak arus baliknya diprediksi terjadi pada 2 s.d 4 Januri 2021," ujar Menhub.

Menhub mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI dengan agenda “Kesiapan Infrastruktur dan Transportasi Terkait Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 di Tengah Pandemi Covid-19 ”, di gedung DPR,  Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga:
Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Berbayar Mulai Libur Nataru

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama tiga Menteri Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020, masa libur akhir tahun dimulai 24 Desember 2020 hingga 1 Januari 2021 (11 hari).

Namun Kemenhub  juga telah mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi, termasuk apabila ada pengurangan hari libur pada akhir tahun 2020 sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Baca Juga:
Jelang Nataru, Terminal Bekasi Mulai Dipadati Pemudik Tujuan Sumatera

Selanjutnya, Kemenhub telah menyusun langkah-langkah persiapan penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021.

Pada minggu pertama Desember, akan dilaksanakan rapat koordinasi gabungan dengan Korlantas, Kementerian PUPR, Jasa Marga, dan seluruh stakeholder terkait.

"Kemudian pada akhir November hingga Desember 2020, Kemenhub juga secara intensif akan melaksanakan ramp check di seluruh moda," ungkapnya.

Dalam penyediaan layanan transportasi Nataru 2020, Kemenhub bersama operator jasa transportasi telah menyiapkan prasarana dan sarana transportasi di seluruh wilayah Indonesia.

Konsentrasi pada pelayanan di 105 terminal, 58 dermaga penyeberangan, 51 pelabuhan laut, 50 bandar udara, serta sembilan Daerah Operasi (Daops) dan empat Divisi Regional (Divre) pada moda kereta api. (omy)