Pengguna KRL Meningkat Lagi, Layanan Tetap Utamakan Protokol Kesehatan

  • Oleh : Fahmi

Senin, 30/Nov/2020 13:12 WIB
Pengguna KRL menanti rangkaian di Stasiun Bekasi. (Foto:BeritaTranscom) Pengguna KRL menanti rangkaian di Stasiun Bekasi. (Foto:BeritaTranscom)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Terjadi kepadatan antrean pengguna KRL di sejumlah stasiun hari ini Senin (30/11/2020) pagi. Pengguna KRL ramai namun tetap kondusif.

KAI Commuter mencatat hingga pukul 08.00 WIB jumlah pengguna KRL sebanyak 117.517 orang. Secara keseluruhan, jumlah pengguna tidak jauh berbeda dibanding Senin pekan lalu pada waktu yang sama, dimana pengguna KRL berjumlah 111.885 orang.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Jumat 29 Maret, Promo Tarif Maksimal Berlaku di Hari Libur Ini!

KAI Commuter tetap mengoperasikan sebanyak 997 perjalanan KRL per harinya dengan waktu operasional mulai pukul 04.00 WIB-24.00 WIB.

Stasiun-stasiun yang mencatat kenaikan jumlah pengguna antara lain Stasiun Citayam (8.433 pengguna, naik 19% dibanding waktu yang sama pekan lalu), Stasiun Bekasi (7.268 pengguna, naik 12%), dan Stasiun Parungpanjang (3.355 pengguna, naik 87%).

Baca Juga:
Pastikan Sehat saat Pelayanan Lebaran, Petugas KAI Daop 5 Periksa Bebas Narkoba

"Meskipun ada kenaikan di beberapa stasiun, rata-rata situasi dan kondisi di seluruh stasiun pada pagi hari ini relatif kondusif dengan antrean dan penyekatan yang diatur oleh petugas agar physical distancing diantara para pengguna tetap terjaga," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, Senin (30/11/2020).

Di hari kerja, persebaran pengguna masih terfokus antara jam 05.00-08.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB, selain di waktu KRL tampak lebih lengang dan tidak terjadi antrean.

Baca Juga:
Sinergi Sido Muncul dan KAI Services, Bikin Perjalanan jadi Lebih Menyenangkan

KAI Commuter berharap para pengguna dapat mengatur perjalanannya dengan lebih fleksibel dan memiliki kesadaran untuk tidak naik ke dalam kereta yang telah terisi oleh para pengguna sesuai marka yang ada. Informasi jadwal, posisi kereta, dan pantauan kepadatan di stasiun dapat dilihat melalui aplikasi KRL Access.

Seluruh protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku. Aturan-aturan tambahan ini yaitu bagi orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, tiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10:00 hingga 14:00 WIB.

Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk.

Sedangkan anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL. Protokol kesehatan 3M juga senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas kami di stasiun maupun di dalan KRL.

"Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama," kata Anne.

Mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan, KAI Commuter menghimbau pengguna untuk membawa perlengkapan tambahan saat hendak keluar rumah antara lain jas hujan atau payung, dan gunakan sepatu yang tidak licin. Ingat juga untuk memeriksa prakiraan cuaca harian sebelum beraktivitas. (fahmi)