Mantap! Bandara Kualanamu Layani 8-10 Ribu Penumpang/Hari di Tengah Pandemi

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 08/Nov/2020 19:02 WIB


DELI SERDANG (BeritaTrans.com) -  Plt Executive General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Kualanamu (KNIA) Yudha Permana mengatakan jumlah pengguna jasa  rata - rata mencapai 8-100 ribu penumpang per hari.

“Data maskapai memperlihatkan jumlah pengguna jasa pada bulan ini di Bandara KNIA tertinggi sekitar 11 ribu orang per hari pada kegiatan cuti bersama kemarin, yang merupakan jumlah penumpang tertinggi di tengah pandemi ini. Sementara itu, pergerakan pesawat diperkirakan mencapai 96 penerbangan," ungkapnya di sela mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya inspeksi Bandara Kualanamu, Minggu (8/11/2020).

Baca Juga:
Bandara Kualanamu Siap Layani Angkutan Lebaran

“Kami berharap tren ini dapat terjaga, dan yang paling penting adalah agar PT Angkasa Pura II dan seluruh stakeholder dapat dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan melalui konsep Biosafety dan Biosecurity Management,” ujar Yudha Permana.

Adapun tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) , dia mengungkapkan penerbangan di Bandara KNIA mencapai hampir 80%.

Baca Juga:
Bandara Kualanamu Terapkan National Logistic Ecosystem

 

Melalaui strategi Safe Travel di bandara ini merupakan salah satu upaya Bandara KNIA untuk meyakinkan publik bahwa melakukan perjalanan udara adalah hal yang aman dilakukan pada masa adaptasi kebiasaan baru dan minim risiko penularan virus karena penerapan protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan standar internasional," ujar Yudha Permana.

Baca Juga:
Tiba di Bandara Kualanamu, Penerbangan Perdana Qatar Airways Disambut Water Salute

Hal ini, lanjut Yudha Permana, merupakan wujud komitmen nyata perusahaan dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 melalui penerapan protokol kesehatan normal baru atau “new normal” yang efektif di bandara dikelola Angkasa Pura II. 

 

“Pengecekan suhu tubuh bagi pengguna jasa dijalankan di terminal keberangkatan dan kedatangan, lalu pengecekan surat hasil rapid test dan PCR test dilakukan secara ketat dengan proses antrean yang sangat baik. Di seluruh area bandara juga rutin dilakukan disinfeksi dan disediakan berbagai fasilitas seperti hand sanitizer dan wastafel. Setiap orang di terminal pengguna jasa juga wajib menggunakan masker.” ujar Yudha Permana.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, dia menegaskan Bandar Udara KNIA selalu menerapkan standar pelayanan yang mendukung keamanan bagi seluruh petugas operasional dan pengguna jasa.

 

Protokol kesehatan di bandar udara KNIA fokus kepada jaga jarak (physical distanding), pengecekan kesehatan (health screening), layanan tanpa sentuh (touchless processing), kebersihan fasilitas (facility cleanliness & sanitizing), dan perlindungan terhadap setiap individu di bandara (people protection) ujar Yudha Permana.

Pembersihan pada fasilitas-fasilitas yang biasa disentuh oleh pengguna jasa dilakukan secara berkala dengan menggunakan cairan disinfektan.
 
Tambah Yudha, meningkatkan kebersihan, pembersihan, dan desinfeksi sebelum dan sesudah digunakan serta menyesuaikan jumlah staf yang dialokasikan untuk pelaksanaan pembersihan berdasarkan kapasitas atau volume penerbangan dan penumpang. (awe).