Pesawat Kargo ATR 72-600F Mendapat Sertifikat dari EASA, FedEx jadi Operator Pertama

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 04/Des/2020 13:46 WIB
Secara khusus, pesawat memiliki pintu kargo besar untuk pemuatan depan. Tidak ada jendela, lantai yang diperkuat, dan kabin Kelas E. Peningkatan kabin berarti pesawat dapat mengangkut kargo curah dan unit pemuatan hingga tujuh kontainer. Foto: ATR. Secara khusus, pesawat memiliki pintu kargo besar untuk pemuatan depan. Tidak ada jendela, lantai yang diperkuat, dan kabin Kelas E. Peningkatan kabin berarti pesawat dapat mengangkut kargo curah dan unit pemuatan hingga tujuh kontainer. Foto: ATR.

TOULOUSE (BeritaTrans.com) - Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (European Aviation Safety Agency/EASA) secara resmi memberikan sertifikasi i untuk pesawat kargo baru ATR 72-600F.

ATR mengumumkan berita tersebut di halaman Twitter-nya. Pesawat turboprop adalah versi kargo dari pesawat penumpang regionalnya. FedEx Express akan menjadi operator peluncuran pesawat kargo baru.

Baca Juga:
FAA Pelajari Proposal FedEx Lengkapi Pesawat Kargo, Airbus A321-200 dengan Teknologi Anti-Rudal

ATR 72-600F yang baru bersertifikat adalah pesawat ATR pertama yang dirancang khusus dalam konfigurasi kargo. Pesawat kargo ATR lainnya semuanya telah dikonfigurasi ulang dari pesawat penumpang yang ada.

Secara khusus, pesawat memiliki pintu kargo besar untuk pemuatan depan. Tidak ada jendela, lantai yang diperkuat, dan kabin Kelas E. Peningkatan kabin berarti pesawat dapat mengangkut kargo curah dan unit pemuatan hingga tujuh kontainer.

Baca Juga:
FedEx Prediksi Kelangkaan Kapasitas dan Masalah Rantai Pasokan masih Hantui Kargo Udara Tahun 2022

Bekerja dengan FedEx

Dengan sertifikasi baru, FedEx, pelanggan pertama, dapat menerima pesawat pertamanya pada akhir bulan. Pengangkut kargo memesan 30 pesawat kargo pada November 2017. Pengiriman dijadwalkan dimulai tahun ini, dan hanya beberapa minggu lagi dan sertifikasi sekarang resmi, ini masih bisa terjadi.

Baca Juga:
Sudah 155 Pesawat Penumpang Diubah jadi Pengangkut Kargo, Mayoritas Airbus A330 dan Boeing 777

FedEx telah mengubah pesawat penumpang ATR menjadi kargo selama bertahun-tahun. Maskapai kargo bekerja sama dengan ATR untuk merancang pesawat baru guna membantu meningkatkan efisiensi operasional. FedEx berharap operator akan membantunya di pasar yang lebih kecil dan menengah.

ATR menyelesaikan uji terbang pertamanya dengan 72-600F barunya pada bulan September dari Toulouse di Prancis. Dalam sebuah komentar setelah uji terbang yang sukses, ATR berkomentar,

“Kapal kargo baru ini semakin memperkuat posisi kepemimpinan ATR di pasar kargo regional di mana pesawat kargo ATR sudah mewakili sepertiga dari armada kargo regional dalam layanan.”

(awe/sumber: simpleflying.com).