Kepala BPSDM Perhubungan Ingatkan Pentingnya Kewaspadaan Penyebaran Covid-19

  • Oleh : Naomy

Selasa, 08/Des/2020 06:24 WIB
Kepala BPSDMP Sugihardjo (BPSDMP) Kepala BPSDMP Sugihardjo (BPSDMP)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur Perhubungan (PPSDMAP) selenggarakan webinar dengan tema “Mewaspadai Penyebaran Covid-19 untuk Bekerja dan Belajar Aman, Sehat, dan Nyaman", Senin (7/12/2020). 

Kepala BPSDM Perhubungan, Sugihardjo, dalam pembukaannya mengatakan adanya pandemi covid 19 membawa perubahan dalam hidup dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari bekerja dan kegiatan belajar yang dilakukan di rumah, sejumlah rencana yang akhirnya harus batal, sampai pada perubahan pola dan gaya hidup dengan lebih memprioritas kesehatan. 

Baca Juga:
Pendaftaran Mahasiswa S2 Terapan di STIP Dibuka hingga Juli 2021

“Gaya hidup seperti ini harus dipertahankan apalagi saat ini kita telah memasuki hidup new normal. Dengan diterapkan new normal kita bisa kembali beraktivitas termasuk bekerja seperti sediakala, namun tetap menerapkan protokol kesehatan," ungkap Sugihardjo. 

Sugihardjo mengungkapkan bahwa perkantoran dan tempat pendidikan merupakan klaster dengan tantangan tersendiri dalam penerapan protokol kesehatan. 

Baca Juga:
Sah, Kemenhub Kini Miliki Program Studi Magister Terapan di STIP

“Seluruh pegawai di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan harus tetap produktif selama masa pandemi ini, tetapi juga harus aman dari Covid-19. Untuk itu perlu menjaga pola hidup bersih dan sehat, mengikuti protokol kesehatan dengan mengenakan masker, menjaga jarak, dan secara berkala mencuci tangan. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi hingga olahraga secara teratur juga penting dilakukan," urai Sugihardjo.

Menurutnya, Pandemi memberikan pelajaran berharga mengenai pentingnya kemandirian untuk berdiri di atas kaki sendiri. Apa yang saat ini dinilai masih mengalami kekurangan, tentunya harus diperbaiki di masa mendatang. 

Baca Juga:
BPSDMP Soft Launching Joyfull Learn Excellence Seafarers

“Oleh karena itu saya mengajak kepada kita semua, khususnya bagi para pegawai di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari," ungkap dia.

Kepala PPSDM Aparatur Perhubungan, M. Murdiyanto mengungkapkan, pelaksanaan webinar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam upaya mewaspadai penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan.

Dalam webinar ini menghadirkan narasumber Soraya Larasati yang menyampaikan materi mengenai gaya hidup sehat di masa Pandemi, dr. Sonia Wibosono yang menyampaikan perkembangan terkini Covid-19 dan dr. Tri Yunis Miko Wahyono, yang menjelaskan langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di Perkantoran/Kampus.

Dr. Sonia menyebutkan, informasi terakhir per 6 Desember 2020 jumlah orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat dan belum mencapai puncaknya. Sehingga penting untuk kita waspada terhadap penyebaran Covid-19 ini, dan strategi yang bisa dilakukan masyarakat dan tenaga medis untuk menekan atau bahkan menghentikan laju kasus Covid-19 di Indonesia dengan mengikuti 3M (Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan), dan 3T (Tracing, Testing dan Treatment).

Dia menjelaskan terdapat lima tempat berisiko tinggi penularan Covid-19 di kantor, yaitu toilet, ruang terbatas/indoor tanpa jendela, dapur kantor, tombol lift, dan gagang pintu.

Pada sesi penyampaian materi langkah pencegahan penyebaran Covid-19 di perkantoran dan sekolah, dr. Miko mengatakan perlu adanya assessment terhadap pegawai dan siswa secara berkala.

“Munculnya penularan dalam klaster perkantoran dan sekolah ini perlu dikaji lagi, apakah pasien yang terkonfirmasi terkena dari lingkungan tempat tinggal, di transportasi umum selama perjalanan, atau ada kelalaian dalam protokol kesehatan saat makan. Untuk itu, perlu adanya assessment secara berkala," ungkap dr. Miko.

Selain itu, dalam webinar ini, Soraya sharing, selama pandemi ini dibutuhkan gaya hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh, misal olahraga rutin dan makanan yang bergizi.

“Adanya kondisi pandemi ini, selain mengubah gaya hidup kita untuk menjadi semakin sehat, dengan pola makan yang bergizi, juga mendorong kita sebagai orang tua untuk semakin kreatif agar anak juga tidak bosan dalam beraktivitas sehari-hari," kata dia.

Webinar ini telah dihadiri oleh 1.473 orang, yang terdiri dari seluruh pegawai dan para taruna/i di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan. (omy)

 

Tags :