Reshuffle Kabinet Dikabarkan Diumumkan Rabu, 6-8 Menteri Baru

  • Oleh : Redaksi

Senin, 21/Des/2020 22:54 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) Presiden Jokowi rencananya bakal mengumumkan reshuffle kabinet pada Rabu pekan ini, 23 Desember 2020.

Proses pemberitahuan kepada menteri yang kena reshuffle kabinet dan calon menteri ternyata sudah mulai dilakukan sejak hari ini.  

Baca Juga:
Isi Reshuffle Kabinet Hot Lagi, Pengamat: Terkait Mendag dan Akomodasi Partai Amanat Nasional

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Faisol Riza mengatakan, akan ada enam posisi di kabinet yang akan terkena reshuffle oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga:
Santer Reshuffle Kabinet Rabu Pon 8 Desember 2021, Kader PAN Dikabarkan Masuk, Menteri Mana akan Diganti?

Namun, ia menegaskan tidak tertutup kemungkinan jika nantinya akan ada lebih dari enam nama yang terdampak reshuffle oleh Jokowi.

"Saya dengar ada enam posisi. Akan masuk orang-orang muda yang menambah dinamisnya kabinet," kata Faisol kepada wartawan, Senin (21/12/2020).

Terkait posisi yang berpotensi diganti Jokowi, kata Faisol adalah dua posisi menteri yang tengah kosong yakni Menteri Kelautan dan Perikanan dan Menteri Sosial.

Selain melakukan reshuffle kabinet, Jokowi juga akan menambah beberapa posisi wakil menteri (Wamen).

"Saya kira akan ada dua posisi yang akan diganti juga terkait percepatan vaksinasi dan percepatan pemulihan ekonomi," ujar dia.

 Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia Surabaya Yusuf Lakaseng. "Informasi itu valid, dari sumber yang valid" kata Yusuf.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (kiri) dan pengusaha Sandiaga Uno (kanan) yang digadang-gadang akan menjadi pasangan kuat di Pilkada DKI 2017.

"Bu risma diminta oleh Pak Jokowi menjadi pengganti Juliari Batubara yang ditangkap KPK. Bu Risma sudah ditelepon oleh pak Jokowi. Kita tunggu saja pengumumannya," jelasnya.

Sandiaga Uno, kemudian disebut akan menggantikan posisi Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan. Edhy Prabowo telah mengundurkan diri dari jabatannya pasca tersangkut kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster.

Namun, kabar terkini menyebutkan Sandiaga Uno justru bakal mengisi posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sumber tersebut juga menyebutkan, Jokowi akan menggantikan sejumlah jabatan strategis. Mulai dari Menteri Kesehatan, Menteri Perdagangan, hingga Menteri Agama.

Menteri Kesehatan, santer kabar Terawan akan digantikan Budi Gunadi Sadikin yang saat ini merupakan Wamen BUMN. Kemudian Menteri Agama disebut adalah Yahya Cholil Staquf yang merupakan Tokoh Nasional petinggi NU.

Sumber kumparan menyebut, Jokowi hari ini sudah memanggil calon menteri yang bakal diumumkan Rabu mendatang. Mereka diberi tahu bakal menempati posisi baru di kabinet.  

Jokowi disebut bertemu dengan calon menteri-menteri barunya bersama dengan Wapres Ma'ruf Amin. Jokowi dan Ma'ruf memang memiliki agenda dari pagi hingga siang ini. Jubir Wapres Masduki Baidlowi tak menampik keduanya bakal membahas isu reshuffle yang tengah menghangat.  

"Mungkin saja bicara (reshuffle), soal apa kita enggak tahu, tapi sangat memungkinkan untuk membicarakan berbagai perkembangan terakhir," ungkap Masduki ketika dikonfirmasi soal pertemuan kepada kumparan.  

"Ya presiden kan selalu dalam hal-hal tertentu yang dianggap penting dan genting selalu mengajak bicara wakil presiden. Dan memang itu jarang jarang diumumkan," lanjut dia. 

Lebih lanjut, soal calon menteri yang dipanggil, ada sumber yang menyebut 6 calon menteri dipanggil Jokowi ke Istana. Tapi ada pula sumber lain yang menyebut tidak hanya 6 calon menteri tapi ada 8. 
Ketua DPP PKB Faisol Riza mendengar sebanyak 6-8 menteri akan dicopot. Namun, ia mengaku tak mengetahui siapa saja menteri yang dimaksud.  
"Wah, soal (siapa) menterinya saya kurang paham. Tapi saya dengarnya 6-8 menteri (direshuffle)," kata Faisol saat dihubungi, Senin (21/12). 

Pada Rabu (23/12), 6 menteri tersebut bakal diumumkan di pagi hari. Sumber kumparan menyebut, kemungkinan skemanya adalah memanggil satu per satu calon menteri ke Istana seperti saat penunjukan menteri di awal penyusunan kabinet. Kemudian, Rabu sore mereka akan langsung dilantik.  

Namun, ada pula sumber yang menyebut kemungkinan yang diumumkan hari Rabu adalah pengganti Mensos dan Menteri KP. Sementara itu, menteri-menteri lain yang dicopot dan penggantinya baru akan diumumkan setelah Tahun Baru atau bulan Januari.

(dien/sumber: kompas.com/cnbcindonesia.com dan kumparan.com).