Sandiaga Uno: Pariwisata-Ekonomi Kreatif Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional

  • Oleh : Dirham

Rabu, 23/Des/2020 10:18 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sandiaga Uno mengatakan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan menjadi salah satu motor penggerak atau lokomotif terpenting dalam pemulihan ekonomi nasional.

Maka, untuk kembali membangun geliat pariwisata ini akan sangat ditentukan oleh pemulihan Kesehatan dari Covid-19. Oleh karenanya, ia menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

"Adapun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan menjadi lokomotif pasca pandemi untuk kita melanjutkan agenda pembangunan di sektor ini, untuk membuka lapangan kerja dan hadirkan kesejahteraan rakyat," ujarnya di Istana Negara, Selasa (22/12/2020).

Menurutnya, hal ini penting karena dengan kembali bergeraknya sektor pariwisata, Pemerintah akan menyelamatkan jutaan lapangan kerja dan jutaan pekerja yang ada di sektor tersebut.

Lanjutnya, ada tiga strategi yang bisa dilakukan. Pertama adalah inovasi, inovasi menggunakan teknologi hingga memetakan potensi maupun penguatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini. Ini juga menjadi cara agar sektor tersebut bisa bertahan untuk membantu perekonomian Indonesia.

"Bukan hanya survive but also thrive. Survive and thrive," kata dia.

Kedua, juga perlu dilakukan strategi adaptasi. Adaptasi karena adanya pandemi serta adaptasi untuk mendahulukan kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi pariwisata RI.

Ketiga, strategi berkolaborasi. Kolaborasi yang dilakukan oleh Pemerintah dengan berbagai pihak seperti Pemerintah Daerah hingga pelaku usaha dinilai sangat penting.

"Semoga kita keluar dari pandemi Covid dan membangun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang lebih baik lagi ke depan," tutupnya. (ds/sumber CNBC Indonesia)