Semarak Pergantian Tahun: Dari Wuhan, Moskow hingga Dubai

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 01/Janu/2021 09:44 WIB
Wuhan diketahui sebagai tempat awal penyebaran virus corona. Wuhan diketahui sebagai tempat awal penyebaran virus corona.

LONDON (BeritaTrans.com)  - Jutaan orang di seluruh dunia merayakan malam pergantian tahun dari 2020 ke 2021, meskipun pandemi virus corona telah memaksa perayaan di berbagai tempat dilakukan secara tertutup.

Pemberlakuan aturan karantina wilayah dan pembatasan sosial lainnya di banyak negara, memaksa orang-orang yang berencana merayakan pergantian tahun secara meriah untuk menikmatinya dengan hening.

Beberapa lainnya, diminta untuk menggunakan masker selama mengikuti acara atau festival di malam tahun baru.

Di Wuhan, China, orang-orang berkerumun di pusat kota dengan balon dan pakaian pesta untuk menghitung mundur pergantian tahun 2021.

Adapun di Tokyo, sejumlah orang mengunjungi Kuil Kanda Myojin untuk berdoa. Pihak pengelola kuil Shinto tersebut harus membatasi jumlah pengunjung, karena Jepang kembali menghadapi gelombang penularan Covid-19.

Wearing masks, people in Tokyo visit the Shinto Kanda Myojin Shrine to mark the new yearPerayaan malam tahun baru di Kuil Shinto, Tokyo, Jepang. Foto: Getty Images.

Kembang api mewarnai langit malam di Taiwan untuk menandai awal tahun 2021, di saat sejumlah kota membatalkan perayaan malam tahun baru dan mengalihkannya ke online.

Fireworks in TaiwanKembang api menyambut tahun baru 2021 di Taipei, Taiwan. Foto: Getty Images.

Seperti perayaan malam tahun baru di Seoul, Korea Selatan di bawah ini. Banyak juga orang yang merayakan pergantian tahun di rumah bersama keluarga.

One family in Seoul lit a candle and shared a cake to start 2021Satu keluarga di Seoul menyalakan lilin dan berbagi kue untuk memulai tahun 2021. Foto: EPA.

Di Filipina, orang-orang berkumpul di taman di Manila (bawah) untuk melihat pertunjukan kembang api. Pihak berwenang mengimbau agar penduduk tidak berkumpul dalam jumlah besar.

People gather in Manila to watch a fireworks display from a parkPerayaan tahun baru di Filipina. Foto: Getty Images.

Di Hong Kong, orang-orang berkumpul di depan Victoria Harbour untuk merayakan bersama pergantian tahun. Kota tersebut juga membagikan hitung mundur virtual untuk audiens di seluruh dunia.

Women celebrate New Year`s Eve with light-up bunny ears and festive lightsOrang-orang di Hong Kong menggunakan masker dan pakaian pesta untuk merayakan tahun baru. Foto: Getty Images.

Di bawah ini adalah perayaan di tengah musim dingin di Yekaterinburg, Rusia. Tampak orang-orang berkumpul di balai kota, memasang kembang api di Lapangan 1905.

Small groups gathered in the main square in Yekaterinburg, RussiaPerayaan tahun baru di Rusia. Foto: Getty Images.

Sementara itu, Uni Emirat Arab mempertontonkan salah satu pertunjukan kembang api Tahun Baru terbesar dengan warna spektakuler menerangi langit emirat Ras al-Khaimah.

A huge firework display started 2021 in Ras al-Khaimah, in United Arab EmiratesUni Emirat Arab pasang kembang api besar. Foto: Getty Images.

Kembang api menerangi langit di seputaran gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, saat jam berdentang menandakan pergantian hari di Dubai.

Fireworks at the Burj Khalifa, DubaiKembang api di Dubai. Foto: EPA.

Di Moskow, penduduk dekat Lapangan Merah melihat pertunjukan kembang api di saat pihak berwenang Rusia melarang adanya kerumunan.

Red Square, RussiaPergantian tahun di Moskow. Foto: EPA

Di Indonesia, tak ada perayaan tahun baru 2021 yang meriah. Kawasan Bundaran HI di Jakarta yang biasa ramai dikunjungi penduduk setiap pergantian tahun, kali ini berlangsung sepi. Orang-orang lebih banyak merayakan tahun baru dalam jumlah kecil atau bersama keluarga.

tahun baru 2021Foto kolase suasana perayaan malam pergantian tahun 2020, sebelum adanya pandemi COVID-19 (atas) dan pergantian tahun 2021 saat pandemi COVID-19 (bawah), di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (1/1/2021). Sumber foto: ANTARAFOTO/GALIH PRADIPTA

Tugu Pal Putih di Yogyakarta dijaga polisi, untuk mengawasi pergantian malam tahun baru yang diharapkan lebih tenang dari tahun sebelumnya.

tahun baru 2021Polisi berjaga jelang pergantian tahun baru 2021 di Tugu Pal Putih Yogyakarta, Kamis (31/12/2020). Foto: NTARAFOTO/ANDREAS FITRI ATMOKO

Tags :