Jokowi Kantongi Nama Calon Kapolri Pengganti Idham Azis

  • Oleh : Redaksi

Senin, 04/Janu/2021 19:27 WIB
Foto:istimewa/historia.id Foto:istimewa/historia.id

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi nama calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) baru pengganti Jenderal Idham Azis.

Moeldoko berkata pergantian Kapolri sudah jadi hal rutin. Sehingga tidak ada persiapan berlebihan yang dilakukan Jokowi dalam memilih nama kapolri baru.

Baca Juga:
Kapolri Bakal Pantau Langsung Evakuasi Korban Kecelakaan Helikopter di Jambi

"Prosedurnya sudah ada, tinggal tunggu waktu. Siapanya (calon kapolri) pasti sudah ada," kata Moeldoko dalam rekaman suara yang diterima, Senin (4/1).

Moeldoko mengatakan Jokowi akan mengirim nama calon kapolri ke DPR dalam waktu dekat untuk uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Sebab waktu yang tersedia tinggal sedikit.

Baca Juga:
Sambut Kunjungan Kerja Panglima TNI Dan Kapolri, Dandim 1710/Mimika Pimpin Apel Gabungan Gelar Pasukan

Meski begitu, Moeldoko enggan membeberkan nama calon kapolri pilihan Jokowi. Ia juga tak mau memberi tahu awak media kapan Jokowi akan mengirim nama jenderal tersebut.

"Kebetulan belum (tahu), kebetulan tidak di kantong saya, kan gitu," ujar Moeldoko sambil bercanda.

Baca Juga:
Selamatkan Generasi Muda, TNI/Polri Berantas Miras di Mimika Timur

Kapolri Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pensiun 1 Februari 2021. Berdasarkan aturan, Presiden Jokowi harus mengirim nama pengganti Idham paling lambat 20 hari sebelumnya, atau Selasa (12/1/2021).

Sejumlah nama jenderal masuk bursa calon kapolri. Salah satu nama yang menguat beberapa waktu belakangan adalah Kepala BNPT Boy Rafli Amar.(amt/cnnindonesia.com)

Tags :