Tunggu Waktunya, Gaes! Penumpang Pesawat via Bandara Soetta akan Bisa Check-in di Stasiun Manggarai

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 06/Janu/2021 05:12 WIB
Foto:istimewa/dok:BeritaTrans.com/ahmad) Foto:istimewa/dok:BeritaTrans.com/ahmad)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Calon penumpang pesawat yang bakal terbang dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Banten, bisa melakukan check-in di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, pada 2022 mendatang. 

Para penumpang ini kemudian berangkat ke Cengkareng menggunakan kereta bandara.

Baca Juga:
Jalur Perlintasan KA Sebidang Dekat Bandara Kualanamu Ditutup

Layanan seperti ini tentu sangat menguntungkan bagi calon penumpang pesawat karena check-in lebih cepat di tengah kota dan kemudian menjangkau bandara tanpa kemacetan. 

Baca Juga:
DJKA: Perawatan Eskalator Stasiun Manggarai Rampung, Sudah Bisa Digunakan Penumpang

Stasiun KA Bandara BNI City

Apalagi bila tersedia layanan baggage handling sejak dari stasiun sehingga calon penumpang tidak perlu kerepotan.

Baca Juga:
Atasi Penumpukan Penumpang di Stasiun Manggarai, KAI Bakal Tambah 18 KRL

Menurut Direktur Utama MRT Jakarta, William Sabandar, hal itu bisa terlaksana karena pada 2021 ini dilakukan integrasi sistem tiket sehingga pada 2022 sudah harus terjadi integrasi sistem layanan.

Ditambahkan William, kereta dari Stasiun Manggarai maupun Sudirman ke Bandara Soekarno-Hatta saat ini dioperasikan oleh PT Railink, anak perusahan PT Kereta Api Indonesia.

Sekarang tengah dilakukan proses pengintegrasian sistem transportasi antara MRT Jakarta, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), dan PT Railink. 

“Jadi nanti pada 2022 yang akan melayani Manggarai sampai bandara dilakukan oleh satu perusahan patungan bernama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek,” katanya.

Terkait dengan layanan kereta bandara ini, kata William, tidak dengan pembangunan jalur baru melainkan mengoptimalkan jaringan yang sudah ada sekarang.

Stasiun Manggarai, terletak di Jalan DR Saharjo 1, Manggarai, Jaksel, terintegrasi dengan stasiun Kereta Commuter Line dan halte Transjakarta. 

Stasiun KA Bandara Manggarai mulai melayani penumpang sejak 10 Oktober 2019. Waktu tempuh dari Stasiun KA Bandara Manggarai menuju Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta sekitar 50 menit.

Stasiun KA Bandara BNI City terletak di area Jl Jenderal Sudirman tak jauh dari Stasiun Kereta Commuter Line Dukuh Atas. Stasiun yang awalnya bernama Stasiun Sudirman Baru ini mulai melayani penumpang sejak 26 Desember 2017 dan diresmikan pada 2 Januari 2018. 

Stasiun yang memiliki luas area 21.748,63 M2 ini memiliki tenant-tenant yang lengkap seperti restoran, kafe, bank dan supermarket.

Waktu tempuh dari Stasiun KA Bandara BNI City menuju Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta sekitar 40 menit.

PT Railink juga mengoperasikan Stasiun Duri di Jalan Duri Utara perbatasan antara Duri Utara dengan Kali Anyar, Tambora, Jakarta Barat. 

Stasiun yang terintegrasi dengan Stasiun Commuter Line ini mulai melayani penumpang ke Bandara Soekarno-Hatta sejak 20 Desember 2018.

Waktu tempuh dari Stasiun KA Bandara Duri menuju Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta sekitar 27 menit.

Sedangkan Stasiun Batu Ceper, terletak di Jalan KH Agus Salim Poris Plawad, Cipondoh, Tangerang mulai melayani penumpang sejak 26 Desember 2017. Waktu tempuh dari Stasiun KA Bandara Batu Ceper menuju Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta sekitar 11 menit.

Menurut William, dengan dibentuknya PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek maka diharapkan layanan kereta bandara disesuaikan dengan standar layanan MRT.

Penumpang yang turun dari pesawat bisa mengambil bagasinya di stasiun ketibaan misalnya di Manggarai atau Sudirman. Dengan demikian penumpag tidak perlu repot menenteng bagasi saat naik kereta.

“Ini baru ide. Itu bisa terjadi bila proses pengintegrasian sudah terjadi. Saat ini proses pengintegrasian sedang dilakukan,” katanya.

Layanan city check-in dan baggage handling bukan hal baru. PT Railink sudah memberikan layanan tersebut di Stasiun KA Bandara BNI City. 

Layanan baggage handling berupa penyediaan tenaga porter yang akan membantu membawa bagasi penumpang dari Stasiun KA Bandara BNI City, Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta, dan terminal bandara Soekarno-Hatta.(amt/sumber:beritasatu.com)