Dirut MRT: Fatmawati-Taman Mini Bakal Tersambung

  • Oleh : Bondan

Rabu, 06/Janu/2021 06:54 WIB
Ilustrasi kereta MRT. Foto: Ist Ilustrasi kereta MRT. Foto: Ist

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Fatmawati-Taman Mini bakal tersambung MRT Jakarta. Dirut PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan rute tersebut adalah jalur baru MRT yang akan dibangun oleh pihaknya dalam waktu dekat.

William menilai proyek ini sedikit berbeda. Sebab, MRT Fatmawati-Taman Mini pembangunannya akan menggunakan skema public private partnership alias kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Baca Juga:
Penandatanganan Paket Kontrak 205 MRT Jakarta Disaksikan Menhub

Dia menjelaskan pihaknya akan membangun jalur MRT sepanjang 12 kilometer (km). Rencananya, proyek ini bisa mulai proses konstruksinya pada tahun 2022 dan selesai di tahun 2027.

"Ada jalur baru yang dikembangkan melalui skema public private partnership di jalur selatan, mulai dari Fatmawati ke Taman Mini Indonesia Indah. 2022 itu diharapkan mulai konstruksi bakal dimulai dan berlangsung sampai 2027," ujar William dalam forum jurnalis virtual, Selasa (5/1/2021).

William mengatakan pihaknya akan mulai melakukan market sounding dan pencarian dana tahun ini. Pihaknya akan menawarkan paket-paket pembangunan MRT Jakarta rute Fatmawati-Taman Mini kepada swasta yang berminat untuk bekerja sama.

Baca Juga:
Sudah Beroperasi 5 Tahun, MRT Jakarta Angkut 102 Juta Penumpang

Pihaknya juga akan menginisiasi penerbitan obligasi untuk membiayai proyek ini. Adapun proyek MRT Fatmawati-Taman ini ditaksir akan menelan biaya sebesar Rp 25-28 triliun.

"Pra feasibility study sudah dilakukan, feasibility study-nya akan kita lakukan tahun ini dan melakukan desain. MRT Fatmawati-TMII berdasarkan pre feasibility study diperkirakan sekitar Rp 25-28 triliun," ujar William. (Detik.com)

Baca Juga:
Kartu Multi Trip Ticket MRT Bakal Dihapus, Penumpang Harus Pakai Apa?