Bus Sumber Alam Formasi Kursi 1-1-1 Layani Rute Jakarta-Yogyakarta

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 08/Janu/2021 06:26 WIB
Bus physical distancing Legacy SR2, Karoseri Laksana milik PO Sumber Alam. Foto: BeritaTrans.com dan Aksi.id. Bus physical distancing Legacy SR2, Karoseri Laksana milik PO Sumber Alam. Foto: BeritaTrans.com dan Aksi.id.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Pandemi Covid-19 telah mengubah kebiasaan masyarakat sehari-hari untuk selalu menjaga kebersihan. Tak hanya itu saja, beberapa transportasi juga menerapkan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan tersebut seperti menjaga jarak, selalu menggunakan masker (penumpang dan petugas) dan menyediakan hand sanitizer.

Baca Juga:
PO STJ Rilis 2 Bus Baru Pakai Sasis Volvo B11R Tronton

Salah satu perusahan otobus (PO) yang menerapkan protokol kesehatan tersebut yakni PO Sumber Alam. Menggandeng Karoseri Laksana yang sudah lama meluncurkan bus jenis Legacy SR2 berdesain ‘physical distancing’ dengan trayek Jakarta-Yogyakarta. Kursi bus berformasi 1-1-1.

“Bus desain bangku 1-1-1 trayek Jakarta-Yogyakarta sampai sekarang masih tetap beroperasi. Biarpun penumpang yang naik sedikit,” ujar Dwi, salah satu pengemudi bus Sumber Alam kepada BeritaTrans.com dan Aksi.id, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga:
Karoseri Laksana Luncurkan Bus Listrik E-Cityline3 untuk TransJakarta, Pakai Sasis BYD-Bakrie Autoparts

Bus physical distancing Legacy SR2, Karoseri Laksana milik PO Sumber Alam. Foto: BeritaTrans.com dan Aksi.id.

Bus jenis Legacy SR2 berdesain 'physical distancing' ini mampu menampung penumpang kurang lebih 30 orang.

Baca Juga:
Perusahaan Otobus Sudiro Tungga Jaya Rilis Bus Baru dari Karoseri Laksana

“Formasi 1-1-1 ngga akan bikin sempit penumpang karena kan memang seperti bus biasa. Hanya dipisah satu-satu saja,” katanya.

Dia juga menambahkan bus Sumber Alam pelopor pertama bus yang menerapkan desain physical distancing tersebut.

“Desain physical distancing ini pertama kali di bus Sumber Alam. Ini solusi dari perusahaan biar bus tetap beroperasi dengan menjaga jarak,” tambahnya.

Bus berdesain physical distancing tersebut tidak ada perubahan tarif masih seperti pada bus biasa.

“Kalau masalah tarif ngga ada bedanya, masih sama kaya bus biasa yang lainnya di Sumber Alam. Harga Rp180 ribu untuk pulang-pergi (PP). Tapi pas libur tahun kemarin sempat ada kenaikan dan naiknya juga sama kaya bus biasa Sumber Alam lainnya. Bus jaga jarak ini biasanya orang bilangnya bus ‘jomblo’ karena jarak kursinya pisah-pisah,” tuturnya sambil tertawa.