Bawa 33 Orang, Pesawat Jazz Aviation Alihkan Pendaratan karena Detektor Asap di Toilet Menyala

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 10/Janu/2021 06:42 WIB


TORONTO (BeritaTrans.com) - Pesawat CRJ900LR  Jazz Aviation, yang terbang dari Sydney (Nova Scotia) ke Toronto harus dialihkan ke Moncton (New Brunswick) setelah detektor asap toilet pesawat diaktifkan. Di dalam pesawat ada 29 penumpang dan empat awak.

Menurut The Aviation Herald, CRJ900 yang dibuat oleh Bombardier mengoperasikan penerbangan QK8219 / AC8219 dari Sydney ke Toronto pada 7 Januari. Pesawat lepas landas pukul 05:53 waktu setempat dan keluar dari landasan pacu 06 Sydney saat detektor asap toilet diaktifkan.

Baca Juga:
Viral Ada Pesawat Disebut Jatuh di Jakarta, Ternyata Aerobatik Lagi Latihan

Pada ketinggian 5.000 kaki, kru menghentikan pendakian dan mengatur jalur untuk mengalihkan ke Bandara Moncton yang terletak sekitar 190nm di barat Sydney, mendarat di sana sekitar satu jam kemudian.

Sisa penerbangan dibatalkan, dengan penumpang dari penerbangan 8219 memesan ulang ke penerbangan berikutnya dari Moncton ke Toronto.

Baca Juga:
Pesawat yang Ditumpangi Bos Tentara Bayaran Rusia Jatuh Melesat Vertikat ke Tanah, Ini Kronologinya!

Sedangkan untuk pesawat, pesawat tetap berada di darat di Moncton selama sekitar 15 jam sebelum dipindahkan ke Toronto sebagai AC 7135. Data dari FlightRadar24.com menunjukkan bahwa pesawat belum mengoperasikan penerbangan apa pun sejak dikirim ke Toronto.

Sepatah kata dari maskapai
Di bawah ini adalah pernyataan dari Jazz Aviation:

Baca Juga:
Pesawat Jet Pribadi Jatuh di Jalan Tol Malaysia Tabrak Mobil dan Motor

“Tak lama setelah keberangkatan dari Bandara Sydney, dalam perjalanan ke Toronto, awak penerbangan Air Canada Express AC8219 yang dioperasikan oleh Jazz Aviation melihat indikasi detektor asap toilet belakang - tidak ada kebakaran. Sesuai dengan prosedur operasi standar kami, pesawat dialihkan ke Moncton dan meminta pendaratan prioritas. Penerbangan mendarat dengan selamat dan tanpa insiden, dan penumpang turun secara normal di gerbang. Kendaraan darurat bertemu dan memeriksa pesawat dan memastikan tidak ada kebakaran. Penumpang melanjutkan perjalanan mereka pada penerbangan berikutnya dari Moncton ke Toronto. Seorang kru pemeliharaan dikirim ke Moncton untuk memeriksa pesawat guna menentukan penyebabnya dan melanjutkan dengan perbaikan yang diperlukan. Kami mohon maaf kepada pelanggan kami atas ketidaknyamanan ini. "

CRJ900, terdaftar sebagai C-FUJZ, adalah jet regional berusia 15,5 tahun yang telah terbang dengan Jazz Aviation selama masa pakainya. Dengan pengaturan Jazz Aviation dengan Air Canada, maskapai ini sebagian besar menggunakan jet untuk layanan Air Canada, biasanya di bawah bendera Air Canada Express.