Kesalahan ILS, Airbus A220 EgyptAir Turun Terlalu Rendah saat Hendak Mendarat

  • Oleh : Redaksi

Senin, 11/Janu/2021 00:05 WIB
Airbus A220 EgyptAir. Foto: Airbus. Airbus A220 EgyptAir. Foto: Airbus.

KAIRO (BeritaTrans.com) - Airbus A220 EgyptAir turun terlalu rendah saat mendarat di Kairo kemarin.

Pesawat mencegat ILS (sistem pendaratan instrumen) landasan yang salah, memaksanya untuk beralih landasan pacu dan kemudian berputar. Pesawat itu mendarat dengan selamat di Kairo pada hari itu dan tetap beroperasi.

Baca Juga:
Mesin Kanan Bermasalah, Airbus A220-300 Air Canada Alihkan Pendaratan

Insiden itu terjadi di dalam pesawat EgyptAir Airbus A220 yang terbang dari Beirut, Lebanon ke Kairo, Mesir, dengan nomor penerbangan MS-714 pada 9 Januari, menurut The Aviation Herald.

Penerbangan tersebut diizinkan untuk mendarat untuk pendekatan ILS di landasan pacu 05L di Bandara Kairo. Namun, saat berbelok untuk pendekatan terakhir sekitar 19,5 km dari landasan pacu, pesawat melewati pelokalisasi landasan pacu untuk 05L dan sejajar dengan landasan pacu 05C.

Baca Juga:
Hidrolik Bermasalah, Airbus A220-300 Air Canada Alihkan Pendaratan

Air Traffic Control (ATC) dengan cepat menyadari kesalahan tersebut dan memberi tahu awak penerbangan bahwa mereka telah sejajar dengan landasan yang salah.

Untuk mengatasinya, ATC meminta kru untuk mengubah headingnya menjadi 360 dan berusaha untuk sejajar dengan runway 05L sekali lagi. Pesawat berhasil mengubah arahnya tetapi menemukan dirinya hanya 400 kaki sekitar 4,8 km dari landasan pacu, padahal seharusnya berada di 825 kaki.

EgyptAir A220 mapPeta EgyptAir A220: Pesawat pada awalnya sejajar dengan landasan pacu yang salah dan terpaksa menyetel kembali dengan landasan yang benar. Peta: FlightRadar24.com

Ketinggian yang rendah memaksa A220 untuk berputar dan mencoba mendarat di landasan pacu 05L. Pesawat mendarat dengan selamat untuk kedua kalinya sekitar 15 menit setelah go-around.

ILS, atau sistem pendaratan instrumen, adalah sistem yang mengirimkan gelombang radio dari landasan pacu, yang kemudian dicegat oleh pesawat untuk memandu mereka ke landasan pacu.

Setiap pendekatan landasan pacu di bandara akan memiliki ILS-nya sendiri, memberikan pilot panduan horizontal dan vertikal tentang pendekatan akhir.

Night Landing Brussels GettyPesawat diarahkan oleh sistem ILS yang terletak di ujung landasan. Foto: Getty Images

Dalam kasus EgyptAir MS714, A220 tampaknya telah melewati localizer untuk runway 05L selama putaran terakhirnya dan sebaliknya sejajar dengan runway paralel 05C.

Masalah penyelarasan ILS yang salah jarang terjadi tetapi tidak pernah terdengar dan membutuhkan ATC yang waspada untuk memastikan tidak ada penghalang di landasan dan pesawat berada di pendekatan yang benar.