Mewahnya Bus Tingkat Milik Bos Pabrik Rokok Sukun

  • Oleh : Bondan

Sabtu, 16/Janu/2021 00:00 WIB
Bus tingkat Mercedes-Benz dari Laksana. Foto: dok. instagram.com/laksana Bus tingkat Mercedes-Benz dari Laksana. Foto: dok. instagram.com/laksana

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Setelah 'puasa' beberapa waktu lalu, karoseri Laksana kembali meluncurkan bus tingkat terbarunya. Kali ini merupakan permintaan produksi dari pabrik rokok Sukun yang bermarkas di Kudus, Jawa Tengah.

Bus tingkat tersebut memakai bodi Legacy SR2 Double Decker yang dipoles dengan kelir biru ciri khas perusahaan. Rancang bangunnya menggunakan sasis Mercedes-Benz (MB) OH 2542 triple axle trintin yang ban paling belakangnya bisa ikut belok.

Baca Juga:
Wow, PO Gumarang Jaya Rilis 10 Bus Baru Pakai Bodi Legacy SR3 Panorama Ultimate Laksana

Di atas kertas, mesinnya berkapasitas 11.967 cc 6-silinder segaris dengan turbo dan intercooler yang sanggup memuntahkan tenaga hingga 422 dk pada putaran rendah 1.900 rpm, juga torsi puncak 1.900 Nm pada putaran 1.100 rpm.

Daya maksimumnya itu dikawinkan pada transmisi otomatis 6-percepatan maju. Fitur keselamatannya sudah ada kontrol stabilitas, Electronic Brake System, Anti-lock Braking System, dan retarder guna mengatur distribusi pengereman pada setiap roda.

Baca Juga:
Mewah! Bus Double Decker Terbaru Milik Gunung Harta Beroperasi, Berapa Sih Tarifnya?

Soal dimensinya bus ini memiliki panjang 14,4 meter, tinggi 5,1 meter, dan lebar 2,5 meter. Sesuai bentuknya, bus ini memiliki dua tingkat.

Interior bus tingkat Mercedes-Benz dari Laksana. Foto: dok. instagram.com/laksana

Baca Juga:
PO Gunung Harta Rilis Bus Double Decker Baru, Buat Rute Mana Sih?

Interior bus tingkat Mercedes-Benz

Pada bagian bawah memiliki total 6 kursi super executive yang memiliki leg rest dan port USB. Konfigurasinya 2-1 sehingga masing-masing jok memiliki ruang duduk yang lega. Apalagi ada separator tengah yang dapat difungsikan cup holder.

Kapasitas angkut penumpang dek bawah sedikit memang. Tapi bicara kemampuan angkut barang boleh dibilang jempolan. Lambung tengahnya sengaja didesain sebagai bagasi tempat meletakkan barang.

Sisi buritan sebenarnya juga dibuat sebagai bagasi, sekaligus area toilet dan ruang menyematkan tangga untuk naik ke atas, sehingga ruang yang tersisa untuk penumpang tidak banyak.

Desain jok bus tingkat Mercedes-Benz dari Laksana. Foto: dok. instagram.com/laksana

Beralih ke dek atas, total memiliki total 34 kursi executive dengan ukuran yang lebih kompak, sebab konfigurasinya 2-2. Namun begitu tak usah khawatir, pada bagian sandarannya sudah dilengkapi dermaga USB buat mengisi daya baterai gawai.

Export Manager Karoseri Laksana, Werry Yulianto menjelaskan, ada beberapa sentuhan khusus dari pemilik PR Sukun pada bus terbarunya itu.

Head unit layar sentuh bus tingkat Mercedes-Benz dari Laksana. Foto: dok. instagram.com/laksana

"Pada sisi samping itu ada signature dari MC Wartono, termasuk di dalam kabinnya ada akrilik tanda tangan. Ada juga audio (head unit layar sentuh) dari pemilik yang pakai vendor luar," terangnya kepada kumparan, Kamis (14/1).

Signature pada interior bus tingkat Mercedes-Benz dari Laksana. Foto: dok. instagram.com/laksana

Bus milik Sukun Transport Logistic itu nantinya difungsikan sebagai kendaraan pribadi keluarga pemilik perusahaan, namun sewaktu-waktu juga bisa guna mengangkut pegawai dalam kondisi tertentu. (Kumparan.com)