Bertemu dengan Keluarga Penumpang SJ 182, Basarnas Tegaskan Tambah Waktu Pencarian 3 Hari lagi

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 16/Janu/2021 00:06 WIB
Pertemuan Sriwijaya Air dengan keluarga penumpang SJ 182 Pertemuan Sriwijaya Air dengan keluarga penumpang SJ 182

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Guna memberikan pemahaman yang komprehensif dan menyeluruh kepada keluarga penumpang korban musibah SJ-182 dalam menyikapi pemberitaan di media massa dan media sosial yang beredar di masyarakat, Sriwijaya Air menggelar pertemuan.

Baca Juga:
Super Air Jet Maskapai Pertama Terbang dari Bandara Dhoho Kediri

Sriwijaya Air menghadirkan perwakilan dari Kementerian Perhubungan , Badan SAR Nasional (Basarnas), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Tim DVI POLRI dan Jasa Raharja berlokasi di Ruang The Gallery, Hotel Pullman Thamrin Jakarta, pada hari Jumat (15/1/2021).

Mereka di antaranya, Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah; Kepala Basarnas, Marsekal Madya Bagus Puruhito; Ketua KNKT, Soerjanto Tjahyono; Komandan DVI POLRI, Kombes Hery Wijatmoko; Direktur Operasional Jasa Raharja, Amos Sampetoding, yang didampingi langsung Direktur Utama Sriwijaya Air, Jefferson Jauwena.

Baca Juga:
AirAsia Diskusi Keselamatan Penerbangan Bareng KNKT dan INACA

"Kami sampaikan belasungkawa yang mendalam atas kehilangan keluarga penumpang dan kami mohon dukungan dan doanya agar tim yang sedang melakukan pencarian, identifikasi dan investigasi penyebab kecelakaan SJ-182 terus diberi kekuatan untuk menjalankan tugas sampai tuntas," urai Maria.

Kepala Basarnas, Marsekal Madya Bagus Puruhito menjelaskan bahwa pencarian hari ini sudah memasuki hari ketujuh dan selama ini dijamin telah berupaya maksimal dalam melakukan pencarian. 

Baca Juga:
KNKT: Sepanjang 2023, Kecelakaan Moda Penerbangan Mendominasi

"Saya sampaikan juga bahwa pencarian akan kami perpanjang sampai tiga hari ke depan. Saya harap pihak keluarga tidak mudah mempercayai berita-berita yang tidak bersumber resmi dari Basarnas ataupun KNKT," kata dia.
 
Ketua KNKT, Soerjanto Tjahyono menambahkan, pihaknya telah mengunduh data memory Flight Data Recorder (FDR) pesawat SJ-182 secara berhati-hati. 

"Proses pengunduhan data telah kami lakukan dan dengan software berhasil memunculkan data-data terkait penerbangan. Kami berhasil mengunduh secara utuh dan tak ada kerusakan dari black box-nya.”

Komandan DVI POLRI, Kombes Hery Wijatmoko menyampaikan, proses identifikasi masih berlangsung, dikarenakan banyaknya body parts yang ditemukan, maka diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk melakukan pemeriksaan silang dari setiap body parts dengan sample setiap DNA keluarga yang telah tersedia. 

"Harapannya keluarga penumpang dapat memaklumi proses yang memakan waktu ini.”

Direktur Operasional Jasa Raharja, Amos Sampetoding menegaskan kembali bahwa siap menyerahkan santunan asuransi kecelakaan kepada keluarga penumpang SJ-182 secepatnya setelah penumpang teridentifikasi oleh Tim DVI POLRI.

Direktur Utama Sriwijaya Air, Jefferson Jauwena juga memastikan pihaknya selalu siap mendukung tim yang saat ini sedang bertugas mencari, mengidentifikasi dan menginvestigasi penyebab kecelakaan SJ-182. 

"Kami juga selalu akan memfasilitasi keluarga penumpang dengan pelayanan terbaik yang bisa kami berikan," tutur Jefferson. (omy)