Polisi Amankan Truk Ugal-Ugalan Selama Sebulan: Biar Jera

  • Oleh : Bondan

Minggu, 17/Janu/2021 08:47 WIB
Truk yang ugal-ugalan dan diamankan Satlantas Polres Probolinggo. Truk ini akan dikembalikan ke sopirnya, sebulan lagi. Foto: Radarbromo.jawapos.com) Truk yang ugal-ugalan dan diamankan Satlantas Polres Probolinggo. Truk ini akan dikembalikan ke sopirnya, sebulan lagi. Foto: Radarbromo.jawapos.com)

PROBOLINGGO (BeritaTrans.com) - Pengemudi truk ugal-ugalan yang kendaraannya diamankan Satlantas Polres Probolinggo, bakal kapok. Sebab, truk mereka tidak hanya dikenai tindakan pelanggaran (tilang). Tapi truk mereka disita hingga sebulan ke depan. Penyitaan itu sebagai bentuk tindakan yang ditujukan agar para pengemudinya jera.

Jumat (15/1/2021), Satlantas Polres Probolinggo merilis empat truk oleng yang berhasil diamankan. Para sopir ditindak dengan tilang dan truknya diamankan. Keempat sopir itu adalah MK, asal Kabupaten Sampang; JS, 21, asal Sragen Jawa Tengah; YE, 28, dan MZ, 25, asal Pasuruan. Mereka semua ditindak dan dikenakan pasal 283 UU LAJ.

Adapun truk yang ugal-ugalan ini atau truk oleng tersebut, sempat viral di media sosial (medsos) dan YouTube. Rupanya, para pengemudinya masih muda. Satlantas Polres Probolinggo memastikan akan menahan truk oleng itu sekitar sebulan lamanya. Guna memberikan efek jera pada keempat pengemudi truk tersebut dan truk-truk lainnya.

”Keempat truk ini akan kami tahan sekitar selama sebulan. Sebagai efek jera pada mereka keempat sopir truk dan sopir truk lainnya. Supaya tidak ugal-ugalan saat mengendarai truknya,” kata Kasatlantas Polres Probolinggo AKP Sigit.

Kasatlantas mengungkapkan, truk oleng itu kebanyakan dikemudikan oleh sopir yang masih muda-muda usia berkisar 20 tahunan. Mereka saat mengendarai truk melaju dengan kecepatan tinggi sambil divideokan. Bahkan, ada komunitas truk oleng tersebut. ”Mereka sudah ditindak tilang dan harus menjalani sidang tilang lebih dulu,” tegasnya.

Kasat menegaskan, pihaknya akan terus melakukan patroli dan menindak truk oleng tiap malam. Antisipasi adanya truk oleng yang melaju ugal-ugalan di jalan raya Probolinggo. bahkan, tidak segan-segan mengamankan sopir dan truknya ke markas untuk proses penyelidikan lebih lanjut. (Radarbromo.jawapis.com)