Kapal Logistik Bawa 6 Penumpang Hilang Saat Perjalanan dari Balikpapan ke Kepulauan Balabalagan

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 17/Janu/2021 18:11 WIB
Tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Orang Kelas A Balikpapan saat sebelum terjun menuju ke perairan Pulau Balabalagan sekitar pukul 10.55 Wita, Sabtu (16/1/2021). Tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Orang Kelas A Balikpapan saat sebelum terjun menuju ke perairan Pulau Balabalagan sekitar pukul 10.55 Wita, Sabtu (16/1/2021).

BALIKPAPAN (BeritaTrans.com) - Sebuah kapal yang mengangkut barang logistik berlayar dari Manggar Kota Balikpapan, Kalimantan Timur menuju ke Kepulauan Balabalagan hilang tidak terlacak.

Sekira pukul 10.35 Wita, Sabtu (16/1/2021), Kantor Pencarian dan Pertolongan Orang Kelas A Kota Balikpapan menerima informasi bahwa sebuah kapal bernama Belabong telah hilang lantaran tak kunjung memberi kabar.

Baca Juga:
Besok Puncak Arus Penyeberangan Jelang Tahun Baru di Lintas Ketapang-Gilimanuk

Menurut kronologinya, Kapal Belabong tersebut berangkat dari Kota Balikpapan menuju Kepulauan Balabalagan pada Kamis (14/1/2021) lalu sekira pukul 08.00 Wita.

Dimana harusnya, kapal tersebut tiba di tujuan di hari yang sama pada pukul 16.00 Wita.

Baca Juga:
Kapal Tenggelam di Buton Tengah Tewaskan 15 Orang, `Keselamatan Perairan Enggak Dipikirkan`

"Bahwa pada tanggal 14 Januari 2021 sekitar pukul 08.00 Wita, KM. Belabong dengan POB 6 orang berlayar dari Manggar ( Kota Balikpapan) menuju Pelabuhan Balabalagan dengan estimasi tiba di Balabalagan pada pukul 16.00 WITA," ucap Kepala Basarnas Kota Balikpapan, Melkianus Kotta melalui rilis, Sabtu (16/1/2021).

Namun hingga hari ini, kapal tersebut tidak kunjung sampai di tujuan dan mengirim kabar.

Baca Juga:
KM Jaya Makmur Tenggelam di Sumenep, 1 ABK Dilaporkan Hilang

Diduga kapal Belabong tersebut mengalami laka yang mengakibatkan lost contact di kawasan perairan Pulau Balabalagan.

Untuk memastikan kapal yang ditumpangi enam orang tersebut, Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan lantas mendatangi titik yang diduga dilewati Kapal Belabong dua hari silam.

Dimana KM Belabong tersebut, menurut penuturan salah seorang saksi, Syahrani, berangkat dari kawasan Manggar, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

Sementara hingga kini, pemilik kapal sendiri, Ali Akbar belum bisa dikonfirmasi mengenai kabar hilangnya KM Belabong miliknya.

Hanya saja, diketahui kemudian bahwa kapal tersebut disamping membawa enam orang penumpang, turut membawa logistik berupa sembako dan es batu dengan ciri badan kapal berwarna kuning.

Mengenai identitas, berikut data dari enam penumpang KM Belabong yang hingga kini belum ada kabar yang bersumber dari data milik Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan. Mereka ini adalah:

1. Nama : Sukri (21 Tahun)
2. Nama : Hamsa (20 Tahun)
3. Nama : Restu (25 Tahun)
4. Nama : Awalludin (45 Tahun)
5. Nama : Jefri (15 Tahun)
6. Nama : Rifki (8 Tahun)

(fahmi)