Ini Alasan Hyundai Limpahkan Proyek Apple Car ke Kia

  • Oleh : Bondan

Minggu, 24/Janu/2021 10:05 WIB
Ilustrasi. Foto: Gridoto.com Ilustrasi. Foto: Gridoto.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Beredar kabar baru bahwa proyek kolaborasi mobil listrik otonom garapan Apple dan Hyundai akan dilempar ke Kia. Sebuah laporan dari Korea menyebut Kia akan memimpin proyek tersebut. Demikian seperti dilansir Carscoops.

Selain itu, pengembangan dan produksi Apple Car juga akan dilakukan dipabrik Kia di negara bagian Georgia, Amerika Serikat. Tapi sumber dari Korea Selatan, eDaily itu tak menyebut sumber yang mengklaim kabar tersebut.

Baca Juga:
Hyundai Tambah Jaringan Dealer untuk Perkuat Kehadiran di Jabar dan NTT

Spekulasi yang beredar adalah bahwa Hyundai lebih suka fokus pada pertumbuhan dan pengembangan merek mereka sendiri daripada memproduksi Apple Car.

Hyundai juga disebut khawatir jika Apple nantinya akan mengambil alih proyek tersebut dan hanya memakai Hyundai sebagai produsen.

Baca Juga:
Di IIMS 2023, Presiden Kunjungi Hyundai Sustainable Space

Sementara itu, jika Apple bekerja sama dengan Kia, maka akan bisa memperkuat merek Kia. Selain itu Kia juga dinilai lebih cocok, karena mereka saat ini sedang gencar mempersiapkan sejumlah model mobil listrik untuk tahun-tahun yang akan datang.

Apple sangat merahasiakan Project Titan alias Apple Car. Raksasa teknologi asal Amerika itu tak pernah mengonfirmasi tentang Apple Car itu sendiri, membuat publik terus menebak-nebak.

Baca Juga:
Hyundai Ramaikan IIMS di JIEXPO Kemayoran Mulai Besok

Baru-baru ini terkuak informasi terkait kerja sama Apple dengan Hyundai. Hingga kemudian pabrikan otomotif asal Korea Selatan itu menganulir pernyataan sebelumnya dan merivisi bahwa pihak internal belum memutuskan apapun.

Kini kabar lain berhembus kendang. Dilansir dari Autoevolution, menurut Korea IT News yang dikutip oleh Reuters, Hyundai dan Apple diperkirakan akan menandatangani kemitraan pengembangan mobil listrik otonom itu pada bulan Maret mendatang.

Rencana Produksi

Sementara itu, Apple Car sendiri belum mengantongi apapun untuk melakukan produksi massal setidaknya hingga tahun 2024. Tapi, Apple Car versi beta disebut kemungkinan akan dirilis pada tahun 2022.

Seperti namanya, versi beta adalah prototipe yang disiapkan Apple dan Hyundai yang dipakai untuk pengujian sebelum mobil itu diproduksi secara massal. Meski begitu, melihat kebiasaan Apple, kemungkinan besar versi beta itu juga akan dirahasiakan oleh Apple.

Selain itu, Apple dan Hyundai juga disebut berencana memproduksi Apple Car di pabrik Kia di Georgia, Amerika Serikat.

Sedangkan rencana cadangannya adalah memproduksinya di fasilitas yang benar-benar baru yang akan dibangun keduanya di Amerika Serikat.

Apple Car juga disebut ditargetkan diproduksi sebanyak 100.000 unit pada tahun 2024. Kemudian secara bertahap target akan ditingkatkan menjadi 400.000 unit setiap tahun. (Liputan6.com)