Human Error Faktor Penyebab Kecelakaan di Jalan Tol

  • Oleh : Bondan

Selasa, 26/Janu/2021 23:27 WIB
Foto: Kompas.com Foto: Kompas.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kecelakaan di  jalan tol bisa disebabkan oleh human error atau kesalahan dari manusia. Salah satu kesalahan pengemudi yang kerap terjadi pada pengemudi di jalan tol adalah hilangnya kewaspadaan.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, hilangnya kewaspadaan saat  mengemudi terjadi akibat kurangnya kesadaran akan pentingnya gaya mengemudi yang tidak menyebabkan  kecelakaan.

Baca Juga:
Minibus Hantam Belakang Truk yang Sedang Gangguan di Kalibata

Selain hilangnya kewaspadaan, ada tiga hal lagi yang bisa menyebabkan kecelakaan yaitu Alertness, Attitude dan Anticipation.

Empat hal ini bisa menjadi penyumbang terjadinya kecelakaan di jalan tol.

Baca Juga:
Gegara Ban Pecah, Truk Muatan Salak Terguling di Tol Sragen-Ngawi

Alertness artinya kewaspadaan pengemudi harus selalu terjaga. Attitude adalah perilaku positif dalam mengemudi yang mampu menghindari potensi bahaya dan antisipasi yaitu mempersiapkan segala sesuatu sebelum mengemudi untuk menghindari kecelakaan,” ucap Sony kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).

Sony mencontohkan, ada human erroryang terjadi akibat dari rasa percaya diri yang tinggi saat mengemudi. Pengemudi seperti itu memang kewaspadaannya tinggi, tapi bisa gagal karena mengabaikan prinsip keselamatan lainnya.

Baca Juga:
Sudah Tahu Belum? Ini Bedanya Jalan Tol dengan Aspal dan Beton

“ Mengemudi itu harus terukur, kewaspadaan tidak boleh turun atau malah terlalu percaya diri. Over PD ini yang akan membuat pengemudi mengabaikan kewaspadaan,” kata Sony.

Jalan tol yang kosong memang membuat cara mengemudi lebih monoton. Bahaya dari situasi yang monotn tadi adalah pengemudi terlalu merasa aman sehingga kewaspadaannya menurun, ini lah yang bisa jadi bahaya. (Kompas.com)