Janet Yellen Dilantik sebagai Menteri Keuangan Perempuan Pertama AS

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 27/Janu/2021 08:04 WIB
Janet Yellen, perempuan pertama yang menjabat Menteri Keuangan AS. Janet Yellen, perempuan pertama yang menjabat Menteri Keuangan AS.

WASHINGTON (BeritaTrans.com) - Janet Yellen menjadi perempuan pertama yang menjabat Menteri Keuangan Amerika. Ia dilantik Selasa (26/1), memungkinkannya segera bekerja sama dengan Kongres mengenai bantuan untuk mengatasi imbas pandemi virus corona, meninjau ulang kebijakan sanksi Amerika dan memperkuat regulasi keuangan.

Yellen, usia 74 tahun, membuat sejarah pada 2014 ketika menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai pemimpin Bank Sentral Amerika, atau Federal Reserve (the Fed).

Departemen Keuangan akan mengawasi rencana Biden untuk membantu membiayai berbagai prakarsa dengan mencoba membujuk Kongres untuk menaikkan pajak perusahaan menjadi 28% dari 21% dan menaikkan pajak orang yang berpenghasilan lebih dari $400.000 setahun.

Fraksi Republik telah menyatakan prihatin atas usul Biden itu dan jumlah utang yang naik dengan kembali ke konservatisme fiskal setelah mengalami defisit semasa pemerintahan Trump yang pada tahun 2017 memotong pajak dan pengeluaran hampir $5 triliun untuk mengatasi pandemi virus corona.

Kepada para senator dalam sidang pengukuhan pekan lalu, Yellen mengatakan, upah minimum perlu dinaikkan dan langkah-langkah "besar" perlu diambil terkait stimulus. Jika tidak, maka akan berisiko resesi yang lebih lama dan lebih menyakitkan akibat pandemi. (sumber:voaindonesia.com)