BMKG Keluarkan Peringatan Gelombang Tinggi dan Rob

  • Oleh : Taryani

Rabu, 27/Janu/2021 16:57 WIB
Banjir rob seringkali melanda permukiman penduduk di Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat. (Ist.) Banjir rob seringkali melanda permukiman penduduk di Desa Eretan Wetan, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat. (Ist.)

INDRAMAYU, (BeritaTrans.com) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kedeputian Bidang Meteorologi Jalan Angkasa I Nomor 2 Kemayoran Jakarta Pusat mengeluarkan  peringatan yang diterima Dinas Kominfo Indramayu, Rabu (27/01/2021) bahwa gelombang tinggi dan banjir pesisir atau rob akan terjadi di perairan Pantai Utara (Pantura)  Jawa tanggal 27 sampai 29 Januari 2021.

Angin dengan kecepatan cukup tinggi 9 km – 46 km per jam  yang berhembus konsisten di Laut Jawa mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang,  utamanya di perairan Utara Jawa dengan ketinggian gelombang dapat mencapai 2,5 meter – 4 meter.

Bersamaan dengan itu,  adanya aktivitas bulan purnama,  berpengaruh terhadap kondisi air pasang laut maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (rob) di beberapa wilayah pesisir Utara Jawa di antaranya; Jakarta Utara, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pekalongan, Kota Semarang dan Kabupaten Demak.

Hal ini berdampak pada terganggunya kegiatan,  terutama pada sektor perikanan tangkap, transportasi, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta bongkar muat kapal di pelabuhan.

Untuk itu, masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir. (Taryani)