Kapal Angkut BBM Subsidi Karam di Pantai Kasuari Asmat

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 29/Janu/2021 08:03 WIB
Kapal membawa BBM karam di Pantai Kasuari Asmat. Foto: Kumparan.com Kapal membawa BBM karam di Pantai Kasuari Asmat. Foto: Kumparan.com

JAYAPURA (BeritaTrans.com) - Kapal pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) LCT karam dan hampir tenggelam di wilayah Pantai Kasuari, Kabupaten Asmat, Papua.

Wakapolres Asmat, Kompol Umar menjelaskan kapal karam bermuatan 185  ton BBM subsidi. Dalam kecelakaan itu, 11 kru kapal dan kapten kapal dinyatakan selamat. 

Baca Juga:
Kapal Migran Karam di Tanjung Verde, 63 Imigran Tewas

"Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, seluruh kru kapal selamat dan dalam proses evakuasi ke Polsek Pantai Kasuari," ujar Umar melalui gawainya, Kamis (28/1/2021).

Kata Umar, kapal tersebut menempuh perjalanan dari Merauke tujuan Pantai Kasuari untuk membawa BBM subsidi bagi kebutuhan masyarakat setempat.

Baca Juga:
Kapal Rodita Kandas di Perairan Bali, 137 Penumpang Dievakuasi

"Kapal kandas dan bagian depan kapal tenggelam. Data yang kami terima, kapal bermuatan premium 80 ton, solar 30 ton, dan minyak tanah 70 ton," ujar Umar.

Hingga kini, Polres Asmat masih mengumpulkan data terkait apakah adanya tumpahan minyak yang mencemari wilayah itu.

Baca Juga:
Dihantam Ombak saat Angkut Air, Kapal Karam di Situbondo

"Anggota masih meninjau ke lokasi kejadian, apakah ada tumpahan minyak atau tidak," ujarnya.

Umar menambahkan berdasarkan pengambilan data terkait kerugian material atas kecelakaan itu mencapai Rp 4,5 miliar.

"Harga kapal yang karam Rp 3,5 miliar. Sementara BBM yang dibawa kapal nilainya sekitar Rp 1 miliar. Ini kerugian smenetara yang kami hitung," ujarmya. (Kumparan.com)