Diduga Terseret Arus Besar, Kapal Tabrak Dermaga 4 di Pelabuhan Merak

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 29/Janu/2021 21:37 WIB
Kondisi Kapal Port Link usai menabrak Dermaga III Pelabuhan Merak. (Istimewa) Kondisi Kapal Port Link usai menabrak Dermaga III Pelabuhan Merak. (Istimewa)

TANGERANG (BeritaTrans.com) - Kapal motor penumpang (KMP) Rishel menabrak fender dan dolphin dermaga 4 Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, pada Kamis, 28 Januari 2021 pukul 22.00 WIB.

Kapal diduga terseret arus besar saat hendak bersandar menurunkan penumpang.

"Saat mau bersandar, kapal terseret arus kuat dan menabrak fender dan dolphin di dermaga 4," ujar Kepala Pos Kesyahbandaran Pelabuhan Penyeberangan Merak, Suharso, Jumat (28/1/2021).

Suharso menuturkan akibat kejadian tersebut kapal mengalami kerusakan di bagian buritan atau belakang kapal. Selain itu, fender kapal itu pun putus.

"Robek di buritan kapal. Seagle rantai pada fender kapal itu juga putus sebanyak 3 buah," katanya.

Suharso menjelaskan dermaga 4 yang mengalami kerusakan akhirnya kapal yang masih membawa penumpang itu berpindah sandar di dermaga 5. 

"Akhirnya bersandar di dermaga 5 pada pukul 01.00 WIB. Setelah dicek, tidak ada laporan korban jiwa maupun kendaraan penumpang mengalami kerusakan," jelasnya.

Suharso menambahkan saat ini kapal tersebut dilakukan lepas jangkar untuk perbaikan dan penyelidikkan oleh marine inspector dan KSOP Banten. 

"Kita suruh perbaikan dahulu. Kalau sudah perbaikan, kami periksa, nanti kalau sudah laik, baru bisa jalan lagi," katanya.(fhm/sumber:medcomid)

Baca Juga:
Kemenhub Bertekad Cetak SDM Auditor Kecelakaan Kapal yang Lebih Kompeten dan Berintegrasi