Lebih dari 1 Juta Pelaut Siap Kerja, Ditkapel Sosialisasi Pangkalan Data dan CBA 4,5 Ujian Keahlian

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 29/Janu/2021 21:53 WIB
Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt. Hermanta bersama jajaran dalam sosialisasi secara virtual Direktur Perkapalan dan Kepelautan Capt. Hermanta bersama jajaran dalam sosialisasi secara virtual

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Saat ini Indonesia memiliki lebih dari satu juta atau tepatnya 1.016.738 pelaut berkompeten yang siap berkiprah di dunia kerja baik di perusahaan nasional maupun internasional.

Baca Juga:
Ditjen Hubla Dorong Pembuatan Buku Pelaut Online

"Ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi kita untuk terus meningkatkan kompetensi yang unggul dan berdaya saing" ujar Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut Capt. Hermanta, Jumat (29/1/2021).

Hal itu disampaikannya di sela membuka Sosialisasi Pangkalan Data dan Computer Based Assessment (CBA) 4,5 Ujian Keahlian Pelaut secara virtual dalam jaringan.

Baca Juga:
Jelang Sidang IMO MEPC ke-81, Kemenhub Pimpin Persiapan Delegasi Indonesia

"Saya berharap dapat menjadi motor penggerak utama untuk meningkatkan layanan jasa pengujian kompetensi pelaut yang profesional, tangguh, dan berdaya saing," ungkapnya.

Kata dia, pangkalan data merupakan Sistem informasi peserta ujian yang terintegrasi dengan aplikasi ujian CBA 4,5, sebagai rujukan informasi data seputar hasil ujian.

Baca Juga:
Kemenhub Gelar Aksi Peduli Keselamatan Pelayaran

Nantinya hasil ujian tersebut akan dikembangkan secara berkelanjutan  menyesuaikan kebutuhan di masa depan.

"Tujuan sosialisasi ini adalah agar kita lebih memahami dalam memgoptimalkan fungsi pangkalan data dan CBA  4,5," ujar Capt. Hermanta.

Dia menyampaikan apresiasi kepada tim dan Ketua Harian Dewan Penguji Keahlian Pelaut (DPKP) yang telah mewujudkan pelayanan ujian yang baik. 

"Saya harap jangan cepat puas diri melainkan menjadi motivasi kerja lebih baik lagi," pungkasnya. (omy)