Kelanjutan Rencana Pembangunan Rel Kereta Api yang Tinggal Nyambung ke Jambi

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 31/Janu/2021 09:17 WIB
DPR RI Dapil Jambi, Hasan Basri Agus saat diwawancarai awak media. (Foto: Ist) DPR RI Dapil Jambi, Hasan Basri Agus saat diwawancarai awak media. (Foto: Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemerintah pusat pernah akan membangun rel kereta api di Provinsi Jambi, yang rencananya terkoneksi dengan sejumlah provinsi di Pulau Sumatera, di antaranya Sumatera Barat dan Selatan. 

Anggota DPR RI asal Jambi, Hasan Basri Agus (HBA), mengungkit kembali masalah tersebut pada Rapat Kerja Komisi V dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). 

Baca Juga:
KA Papandayan Mulai 1 April 2024 Beroperasinal di Stasiun Karawang, Ini Rute dan Harga Tiketnya!

Dalam rapat tersebut kebetulan dihadiri oleh Dirjen Perkeretaapian, Zulfikri yang dilaksanakan di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (28/1) lalu. 

Pada kesempatan tersebut, HBA meminta kepada Zulfikri menjelaskan kelanjutan rencana pembangunan rel kereta api di Jambi. 

Baca Juga:
Hingga Hari Ini 61 Persen Tiket Kereta Api Lebaran Telah Terjual, KA Airlangga Paling Favorit

Mantan Gubernur Jambi itu menyebutkan, rel kereta api di Provinsi Sumatera Barat sudah sampai ke Sawahlunto, Sijunjung, Sumatera Barat. Provinsi Lampung juga sudah ada. Sementara di Sumatera Selatan sudah sampai ke Kota Lubuklinggau. 

Menurut HBA, jalur kereta api itu tinggal menyambung ke Jambi. Jalurnya melewati Kabupaten Sarolangun, Merangin, Bungo dan Dhamasraya, Sumatera Barat. Jaraknya daerah-daerah itu, kata HBA sangat berdekatan.

Baca Juga:
Jadwal LRT Jabodebek Jumat 29 Maret, Promo Tarif Maksimal Berlaku di Hari Libur Ini!



Rapat Kerja Komisi V dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Foto: Ist 

Selain itu, HBA juga menegaskan, pembangunan rel kereta api di Jambi harus terlaksana. Khusus ke Kota Jambi, sudah ada rencana pengembangan jalur dari lintas tengah Sumatera. 

"Memang dari awal dulu sudah ada rencana itu, termasuk pembangunan jalan tol dari barat ke timur Provinsi Jambi," jelas HBA. 

Dirinya berterima kasih kepada Kemenhub, khususnya Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setyadi. Belum lama ini Kemenhub memberi bantuan bus sekolah, untuk pondok pesantren di Jambi, jumlahnya dua unit. 

"Bus itu sudah kami terima dengan baik dan diserahkan ke pondok pesantren," kata HBA. 

HBA berharap Kemenhub menambah lagi armada bus sekolah, untuk dimanfaatkan para santri pesantren di Jambi. 

"Untuk ke depan kalau bisa ditambah armadanya. Bus itu dibutuhkan sekali bagi pesantren. Manfaatnya sangat luar biasa," kata alumni Pondok Pesantren As'ad, Seberang Kota Jambi ini.(fh/sumber:jambikita.id)