Gunung Raung Erupsi, Suara Gemuruh Terdengar dari Jarak 20 Km

  • Oleh : Redaksi

Senin, 01/Feb/2021 23:50 WIB


BANYUWANGI (BeritaTrans.com) -  Gunung Raung di Kabupatan Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, Jawa Timur kembali erupsi dengan mengelarkan abu vulkanik disertai dentuman keras, Senin (1/2/2021) sore. 

Pos Pengamatan Gunung Api Raung yang berlokasi di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi mencatat aktivitas vulkanik gempa tremor disertai semburan matarial abu vulkanik terjadi secara terus menerus. 

Suara gemuruh disertai dentuman akibat letusan lahar dari perut raung yang menyembur dan tertampung di kaldera Gunung Raung menggetarkan kaca jendela rumah warga dari radius hamper 20 km dari puncak Gunung Raung.

Petugas Pos Pengamatan Gunung api Raung, Burhan Aletea mengatakan, aktivitas vulkanik Gunung Raung menunjukan peningkatan vulkanik dibandingkan beberapa hari sebelumnya.

“Peningkatan aktivitas vulkanik ditandai terjadinya gempa tremor yang berlangsung secara terus menurus. Terekam tingkat kegempaan dengan amplitudo tiga hingga delapan puluh delapan milimeter dominan empat millimeter,” katanya.

Muntahan lahar dari perut raung yang menyembur dan tertampung di kaldera raung juga masih terus terjadi hingga memantulkan cahaya api. Kondisi itu terlihat jelas pada malam hari.

“Abu vulkanik berwarna kelabu pekat membumbung setinggi 400-600 condong ke arah timur mengikuti hembusan angina,” ucapnya.

Aktivitas vulkanik Gunung Raung sangat dirasakan warga masyarakat yang tinggal hampir 20 km dari puncak gunung tersebut.

“Sesekali suara dentuman juga terjadi hingga menimbulkan getaran pada kaca cendeka rumah warga,” kata warga Dusun Sumberarum, Suyono.

Meski demikian, aktivitas vulkanik Gunung Raung dengan status Waspada tidak mengganggu kegiatan warga berladang. PVMBG mengimbau agar warga tidak panic, namun tetap waspada dengan tidak melakukan segala aktivitas termasuk pendakian pada radius 2 km dari puncak. (lia/sumber:inews.id)