Detik-Detik Kapal Kargo Terbelah Dua di Tengah Laut, 6 ABK Tewas

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 02/Feb/2021 07:43 WIB
foto:Ilustrasi kapal tenggelam. /Pixabay/12019 foto:Ilustrasi kapal tenggelam. /Pixabay/12019

TURKI (BeritaTrans.com) - Sebuah video yang merekam detik-detik tenggelamnya kapal kargo di Laut Hitam, dekat Provinsi Bartin, Turki mendadak jadi sorotan.

Kapal kargo berbendera Palau itu dioperasikan oleh perusahaan Ukraina, Arvin Shipping Ltd. dan mengalami kecelakaan laut setelah menghadapi badai pada Minggu 17 Januari.

Baca Juga:
Executive General Manager Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Sambut Arus Balik Mudik di Pelabuhan Tanjung Priok

Sebelum tenggelam, kapal kargo Arvin terlebih dahulu patah karena ombak besar. Perlahan kapal karam di tengah Laut Hitam dan menewaskan enam dari 12 ABK (anak buah kapal) di dalamnya.

Awalnya, kapal kargo Arvin dikabarkan tenggelam di dekat Provinsi Inkumu tetapi kemudian diralat.

Baca Juga:
Kemenhub Berangkatkan Ribuan Peserta Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Voyage Kedua Jakarta- Semarang

"Kapal Arvin berusaha mencari perlindungan ke Pelabuhan Bartin karena kondisi cuaca yang buruk ketika sedang membawa kargo dari Georgia ke Bulgaria," kata Gubernur Bartin Sinan Guner dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Al Jazeera.

Lembaga pengawas armada sungai dan laut Rusia mengatakan hanya dua ABK kapal kargo Arvin yang merupakan warga negaranya.

Baca Juga:
Rute Kapal Baru Buleleng-Raas Dibuka untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik dari Bali saat Lebaran

Video-video rekaman tenggelamnya kapal kargo Arvin tersebar di media sosial. Beberapa di antaranya ada yang diunggah ke YouTube dan Twitter
Di video lain, terekam detik-detik tenggelamnya kapal kargo Arvin yang diambil oleh ABK.

Video yang diunggah oleh akun Twitter @MarineInsight terlihat diambil dari atas anjungan, tempat nahkoda mengendalikan kapalnya.

"Video mengerikan ini direkam oleh ABK, menayangkan patahnya kapal menjadi dua yang berakhir karam," tulisnya dikutip Pikiran-Rakyat.com dari unggahan akun Twitter @MarineInsight pada Minggu 31 Januari 2021.

"Kapal ini dibuat pada 1975 dan berlayar di perairan Turki ketika mengalami kecelakaan yang terjadi pada Minggu 17 Januari 2021," lanjut akun tersebut.

Awalnya, video itu merekam bagian depan kapal kargo Arvin yang sedang menerjang badai di Laut Hitam.

Namun, tiba-tiba saja terdengar suara gemuruh dari bagian tengah kapal kargo Arvin.

Bagian haluan kapal tersebut tidak langsung terbelah dua. Bagian atas kapal masih tampak menyambung, namun para ABK heboh meminta pertolongan melalui radio komunikasi.

"Mayday, Mayday! Kapal saya patah!" kata ABK di dalam video itu.

    "MAYDAY MAYDAY - MY VESSEL BROKE"
    This terrifying video recorded by the crew of the ship shows the breaking of the vessel in two which eventually sank. The ship was built in 1975 and plying in Turkish water during the time of the incident which happened on 17th Jan 2021. pic.twitter.com/bShS5DvLaM— MarineInsight (@MarineInsight) January 30, 2021
Setelah mendengar kabar melalui radio komunikasi, kapal pengawas pantai Turki segera merapat untuk membantu penyelamatan ABK. Nahas, hanya enam yang berhasil diselamatkan.

Ini bukan pertama kalinya kapal kargo tenggelam di Laut Hitam. Pada Januari 2019, enam ABK tewas setelah kapal berbendera Panama karam di dekat pesisir Turki.

Dua tahun sebelumnya, kapal mata-mata Rusia tenggelam di Laut Hitam setelah bertabrakan dengan kapal kargo yang membawa sapi. Semua ABK berhasil diselamatkan.(amt/sumber:PR.com)

Tags :