Wisata Antariksa: Virgin Galactic Berencan Uji Coba Penerbangan

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 03/Feb/2021 09:37 WIB
Roket pembawa Virgin Galactic, WhiteKnightTwo, dengan pesawat penumpang antariksa SpaceShipTwo, lepas landas dari Mojave Air and Space Port di Mojave, California, 22 Februari 2019. Roket pembawa Virgin Galactic, WhiteKnightTwo, dengan pesawat penumpang antariksa SpaceShipTwo, lepas landas dari Mojave Air and Space Port di Mojave, California, 22 Februari 2019.

WASHINGTON, US (BeritaTrans.com) — Perusahaan pariwisata antariksa, Virgin Galactic, mengatakan pada Senin (1/2) pihaknya merencanakan penerbangan uji coba baru bulan ini untuk wahana antariksa miliknya, SpaceShipTwo, setelah tes dibatalkan pada awal Desember.

"Masa penerbangan akan dibuka pada 13 Februari dengan peluang untuk terbang sepanjang Februari, sambil menunggu kondisi cuaca yang baik dan kesiapan teknis," kata perusahaan milik Richard Branson seperti dilansir oleh kantor berita AFP.

Baca Juga:
Virgin Galactic Dilarang Mengangkasa Hingga Penyelidikan Usai

"Persiapan pra-penerbangan sudah berlangsung di Spaceport America, New Mexico."

Ia menambahkan penerbangan akan menguji pekerjaan perbaikan yang sudah selesai sejak tes Desember ketika komputer menghentikan penyalaan motor roket.

Baca Juga:
Pesawat Virgin Galactic Sukses Mendarat di Luar Angkasa

SpaceShipTwo diperkirakan akan membawa penumpang pertamanya ke ruang angkasa akhir tahun ini.

Sejauh ini, ada 600 orang yang telah membayar hingga $250 ribu atau sekitar Rp 3,5 milar, yang sudah menunggu bertahun-tahun untuk perjalanan tersebut. Virgin Galactic menyebut mereka “astronaut masa depan.”

Pengembangan SpaceShipTwo tertunda oleh kecelakaan dahsyat yang pertama pada 2014 karena kesalahan pilot.

Ketika berfungsi penuh, pesawat ruang angkasa akan diambil oleh pesawat khusus dan dilepaskan di ketinggian. Beberapa detik kemudian, pesawat antariksa itu -- sebagian pesawat, sebagian roket -- akan menyalakan mesinnya dan meluncur ke antariksa.

(sumber:voaindonesia.com)