Pelabuhan Feri Sofifi Akan Direnovasi, Target Agustus Tahun Ini Bisa Tuntas

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 03/Feb/2021 11:16 WIB
Salah satu armada kapal ferry milik PT. ASDP (Persero) Cabang Ternate, Maluku Utara. Foto: Olis/JMG Salah satu armada kapal ferry milik PT. ASDP (Persero) Cabang Ternate, Maluku Utara. Foto: Olis/JMG

MALUKU (BeritaTrans.com) - Pelabuhan Feri Galala, Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, bakal segera direnovasi oleh Kementerian Keuangan dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia melalui Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara.

Kepala Dinas Perhubungan Maluku Utara Armin Zakaria mengatakan, anggaran yang disiapkan untuk renovasi ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 8 miliar.

Rencana pembangunan tersebut mencakup lokasi dermaga, parkiran dan ruang tunggu yang nantinya akan ditata kembali sehingga lebih besar dari sebelumnya.

"Rencananya di Februari ini pekerjaannya akan sudah dimulai," ujar Armin, Senin (1/2).
Armin bilang, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan pertemuan dengan Dishub Kota Tidore Kepulauan dan Kota Ternate untuk membahas kesiapan berupa dermaga sementara.

Dengan begitu tahapan pembagunan Pelabuhan Feri Galala tidak mengganggu arus kendaraan dan barang.

"Dalam waktu dekat akan kita laksanakan rapat yang melibatkan Dishub Kota Tidore Kepulauan dan Kota Ternate untuk pemantapannya," ungkapnya.
Ia menargetkan, pembangunan Pelabuhan Feri Galala bakal rampung sebelum pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran dilaksanakan. Mengingat pembangunan tersebut juga masuk dalam sarana infrastruktur pendukung STQ nasional di Maluku Utara.

"Tentunya kami berharap agar pada saat pelaksanaan STQ dermaga Feri Galala sudah bisa digunakan. Target kami Agustus harus selesai," pungkasnya.(amt/sumber:kumparan.com)