Uji Coba Genose C19 di Stasiun Pasar Senen, Segini Harganya

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 03/Feb/2021 13:04 WIB
Calon penumpang KA di Stasiu Pasar Senen saat uji coba GeNose. Calon penumpang KA di Stasiu Pasar Senen saat uji coba GeNose.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama pemerintah dan stakholder, hari ini Rabu (3/2/2021) melakukan uji coba pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. 

Uji coba juga dikenakan tarif, namun masih terjangkau daripada tes rapid antigen atau PCR antigen. 

Baca Juga:
Lebih 3,3 Juta Tiket Kereta Api Mudik Lebaran hingga Arus Balik Telah Terjual, Ini Rinciannya!

"Tarif yang dikenakan pada saat uji coba atau pre launching ini adalah Rp20.000," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, Rabu (3/3/2021). 

Untuk tahap awal KAI menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Yogyakarta. 

Baca Juga:
Menelisik Asal Usul Air di Toilet Kereta Api

Joni menegaskan, KAI sudah siap untuk menyelenggarakan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah menghadirkan layanan transportasi kereta api yang bebas Covid-19. 

Penyediaan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, KAI melakukan Sinergi BUMN dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya yaitu Rajawali Nusindo. Kolaborasi dan sinergi BUMN tersebut meneruskan kerjasama yang selama ini telah terjalin baik dalam hal pelayanan rapid test antibodi dan rapid test antigen di stasiun-stasiun. 

Baca Juga:
KAI Layani 218 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Balik Mudik, KA Ini Paling Diminati!

“Dengan adanya layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun akan semakin memperkuat deteksi dini penularan Covid-19 shingga lebih mempercepat pencegahan penularan Covid-19 dan menjadikan moda transportasi Kereta Api yang makin nyaman aman dan sehat," tutup Joni. 

Pada uji coba dipantau langsung oleh direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo yang mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro 

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Produksi GeNose C19 Eko Fajar Prasetyo dan anggota Tim Pengembang GeNose Dian Kesumapramudya Nurputra. 

Pemeriksaan GeNose C19 ini akan menambah opsi bagi masyarakat untuk melakukan pengecekan kesehatan selain tes rapid antigen dan PCR, yang menjadi syarat perjalanan transportasi Kereta Api Jarak Jauh.(fahmi)