Kereta Malam di Jepang Setop Operasi Setelah 25 Tahun

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 03/Feb/2021 13:28 WIB


Tokyo (BeritaTrans.com) - Bagi yang sering menggunakan jasa transportasi umum, tentu banyak kenangan yang tercipta selama perjalanan dengan armada tersebut.

Seperti yang terjadi di Jepang ini, sebuah kereta malam bernama Moonlight Nagara berhenti beroperasi setelah 25 tahun setia melayani penumpangnya.

Kereta ini melayani perjalanan malam penumpang yang berpergian dari Tokyo ke Prefektur Gifu dengan jarak mencapai 442 kilometer dalam waktu 6 jam 40 menit. 

Moonlight Nagara biasa berangkat dari Stasiun Tokyo pada pukul 23.10 malam, tiba di Stasiun Ogaki pada pukul 05.50 pagi. 

Sebaliknya, kereta Moonlight Nagara berangkat dari Stasiun Ogaki pada pukul 22.48 dan tiba di Tokyo pada pukul 05.05 pagi waktu setempat.

Kereta ini pertama kali dioperasikan oleh perusahaan kereta Central Japan Railway dan juga East Japan Railway pada tahun 1996.

Dihimpun dari berbagai sumber, dalam beberapa tahun terakhir, popularitas kereta Moonlight Nagara memang anjlok lantaran kalah saing dengan bus malam yang harga tiketnya lebih murah.

Ditambah dengan kondisi pandemi Covid-19 yang membuat jumlah penumpang menurun drastis.

Kehadiran Moonlight Nagara sebenarnya sangat membantu traveler yang berpergian di malam hari karena tarifnya yang lebih terjangkau.

Naik Moonlight Nagara harga tiketnya cuma 2.410 yen (setara Rp 323 ribu) dibandingkan naik kereta Shinkansen sebesar 11.660 yen (sekitar Rp 1,5 juta).

Sebelum berhenti beroperasi, kereta Moonlight Nagara sempat mengurangi jadwal operasional. 

Namun akhirnya, kereta malam ini benar-benar mengucapkan selamat tinggal kepada para penumpangnya. (lia/sumber:indonzone.id)