Garuda Angkut 33 Ton Manggis dari Bandara Minangkabau Padang ke Guangzhou

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 05/Feb/2021 06:59 WIB
Pengangkutan kargo Manggis dari Bandara Minangkabau Padang ke Guangzhou Pengangkutan kargo Manggis dari Bandara Minangkabau Padang ke Guangzhou

PADANG (BeritaTrans.com) - Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mengangkut produk ekspor pertanian dari Bandara Minangkabau, Padang, Sumatera Barat berupa 33 ton buah Manggis ke Guangzhou, China. 

Pengangkutan produk ekspor ini dilayani dengan penerbangan charter khusus rute Padang – Guangzhou, Rabu (3/2/2021), melalui penerbangan GA 8960 dengan armada A330-300  berdaya angkut mencapai 40 ton pada setiap penerbangannya.

Baca Juga:
Garuda Indonesia Group Terbangkan 80.243 Penumpang di Puncak Arus Balik

"Penerbangan charter kargo tersebut, diberangkatkan dari Bandar Udara Internasional Minangkabau, pada pukul 09.05 waktu setempat dan tiba pada pukul 14.45 waktu setempat di Guangzhou, China," jelas Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, Jumat (5/2/2021).

Dia mengungkapkan, pengangkutan ekspor komoditas Manggis dari Padang menuju Guangzhou tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Garuda dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi.

Baca Juga:
Garuda Resmi Layani Rute Penerbangan Jakarta-Doha PP

Khususnya melalui penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan dalam memfasilitasi peningkatan daya saing produk ekspor nasional khususnya hasil pertanian masyarakat lokal.

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi di dunia yang memiliki hasil kekayaan bumi yang melimpah. Hal tersebut tentunya menjadi potensi tersediri untuk meningkatkan perekonomian lokal masyarakat Indonesia khususnya pelaku sektor pertanian nasional. 

Baca Juga:
Garuda Indonesia Group Terbangkan 82 Ribu Penumpang di Puncak Arus Angleb

"Dengan berbagai potensi tersebut, tentunya kami harapkan komitmen dukungan yang kami hadirkan dalam peningkatan daya saing produk ekspor nasional dapat mendukung visi Indonesia sebagai negara eksportir produk agragris unggulan di kancah global," urainya.

Melalui penerbangan ini, diharapkan dapat menyediakan layanan penerbangan langsung dengan waktu pengiriman yang lebih singkat tanpa transit, sehingga kualitas dan kesegaran produk menjadi lebih terjaga serta dengan biaya logistik yang lebih kompetitif dan kedepannya diharapkan dapat meningkatkan geliat ekspor produk-produk unggulan Indonesia.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno turut menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas upaya Garuda  dalam mendukung ekspor Manggis asli Sumatera Barat sebagai langkah awal dalam pemenuhan kebutuhan pasar global. 

Menurutnya, hal tersebut secara langsung juga telah mendorong kesuksesan program pemberdayaan masyarakat di Sumatera Barat melalui pemberian bibit manggis yang telah dirintis sejak beberapa tahun silam.

“Dengan terbukanya jalur ekspor produk pertanian Sumatera Barat khususnya melalui ketersediaan penerbangan khusus kargo langsung dari Padang ini, diharapkan dapat menjadi semangat tersendiri bagi para petani untuk terus meningkatkan hasil kualitas pertaniannya," ujar Irwan. 

Seiring dengan peningkatan tren kebutuhan pengangkutan kargo yang terus tumbuh, Garuda terus memperkuat pengembangan lini bisnis sektor kargo. 

Selain memaksimalkan pengiriman kargo melalui pemanfaatan kompartemen penumpang, Garuda sebelumya juga mengoptimalisasi jaringan penerbangan kargo dalam mendukung aktivitas direct call komoditas ekspor unggulan nasional di Indonesia Timur dengan membuka penerbangan khusus kargo Makassar – Singapura, Denpasar – Hongkong dan Manado – Narita yang dilayani sebanyak satu kali per minggu dengan armada Airbus A330. (omy)