Jembatan Pantura Ambles, Arus Lalu Lintas Dialihkan

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 05/Feb/2021 09:49 WIB
Ilustrasi jalan ambles. Foto: Republika.co.id Ilustrasi jalan ambles. Foto: Republika.co.id

PEMALANG (BeritaTrans.com) - Jembatan Rembun, yang berada di jalur Pantura perbatasan Kabupaten Pekalongan dan Pemalang, Jawa Tengah, ambles, Kamis sekitar pukul 20.15 WIB. Arus kendaraan kedua arah tersendat akibat jembatan pantura ambles.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pekalongan AKP Pipit Witianingsih saat dihubungi melalui telepon selulernya di Pekalongan, Kamis malam, mengatakan kondisi jembatan mengalami kemiringan sekitar 30 derajat, sehingga arus lalu lintas dialihkan ke sisi jalan bagian jembatan yang berada di sebelah utara.

Baca Juga:
Jembatan Apung Cihampelas-Batujajar Ambruk, Dua Pengendara Motor Terperosok ke Waduk

"Saat ini, jembatan bagian selatan kami tutup dan arus lalu lintas kendaraan dialihkan ke sisi jalan bagian utara jembatan yang berada di sebelahnya," kata Pipit dikutip Antara.

Menurut dia, amblesnya jalan nasional di Jembatan Rembun tersebut menyebabkan arus lintas kendaraan tersendat karena kendaraan dari arah barat maupun dari timur cukup padat.

Baca Juga:
Jembatan Kaca di China Hancur, Wisatawan Terjebak di Tengahnya

Untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas kendaraan, kata dia, Polres Pekalongan melakukan sistem contra flow.

"Saat ini, kami menyiagakan petugas untuk mengatur arus lalu lintas kendaraan yang relatif cukup padat sampai menunggu tindakan lanjut oleh dinas pekerjaan umum (DPU)," katanya.

Baca Juga:
Jembatan di Ogan Ilir Ambruk Saat Dilewati Truk Pengangkut Eksavator

Ia menambahkan bagi pengendara diharapkan bersabar dan berhati-hati karena jembatan digunakan untuk dua arus.

Warga Desa Rembun, Rozi (38), mengatakan peristiwa jembatan ambles ini terjadi sekitar pukul 19.30 WIB tadi.

"Tadi terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. Hujan deras. Terakhir tadi ada truk yang melintas, kemudian terdengar suara bruk. Jembatan seperti ini," kata Rozi kepada detikcom yang berada di lokasi jembatan pantura ambles. (CNNIndonesia.com)