Volvo Rilis Bus Tingkat Baru dengan Tinggi 4 Meter

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 05/Feb/2021 16:42 WIB
Volvo 9700 DD 4m. Foto: Kompas.com Volvo 9700 DD 4m. Foto: Kompas.com

GOTHENBURG (BeritaTrans.com) - Perusahaan asal Swedia, Volvo Buses baru saja meluncurkan versi 4 meter dari bus tingkat terbarunya, Volvo 9700 DD yang khusus dipasarkan ke Eropa. Dengan produk ini, Volvo menawarkan bus tingkat premium untuk segmen ekspres, line-haul, maupun pariwisata.

Senior Vice President Volvo Buses Ulf Magnusson mengatakan, permintaan bus tingkat oleh operator di Eropa terus bertambah. Oleh karena itu, kami hadirkan bus yang susuai permintaan pelanggan yang meminta kualitas, efisiensi, dan produktivitas yang tinggi.

Baca Juga:
PO Gunung Harta Rilis Bus Double Decker Baru, Buat Rute Mana Sih?

Volvo 9700 DD 4 m ini memiliki platform yang sama dengan bus premium buatan Volvo, seperti Volvo 9900, Volvo 9700 dan Volvo 9700 DD 4,25 m. Keamanan dan kenyamanan termasuk dalam kelas yang paling tinggi.

Kemudian, bus juga bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Bahkan dari panjang, susunan kursi dan peralatan yang ada di kabin bisa disesuaikan sesuai pesanan.

Baca Juga:
Bus Tingkat 3 Pertama di Indonesia, Punya PO Mana Ya?

Model terbaru ini juga memiliki fitur advance connectivity, di mana operator bisa mengawasi secara langsung bagaimana bus dikendarai dan memperkirakan kapan waktu servis selanjutnya agar lebih efisien.

“Dengan bantuan Zone Management, operator bisa menentukan seberapa cepat kecepatan bus saat melewati zona tertentu. Ini memiliki dampak positif baik soal keselamatan dan konsumsi bahan bakar,” ucap Ulf Magnusson dalam siaran resmi, Kamis (4/2/2021).

Baca Juga:
PO Juragan 99 Rilis Bus Tingkat Baru Super Mewah

Volvo 9700 DD 4m. Foto: Kompas.com

Secara ergonomis, Volvo 9700 DD 4m bisa memuat sampai 96 bangku penumpang dan pengaturan suhu udara yang terpisah antara kabin pengemudi dan penumpang menambah kenyamanan dalam perjalanan melewati kondisi apapun.

Audio dan multimedia juga disediakan berbagai versi untuk dipilih. Pintu masuk, lorong tengah, tangga, dan tinggi atap sudah diatur agar memudahkan penumpang keluar dan masuk bus.

Kabin pengemudi juga dibuat lebih lega dan agak tinggi, membuat posisi mengemudinya commanding. Selain itu, banyak juga driver assistance system yang disematkan pada Volvo 9700 DD 4m.

Diantaranya, Driver Alert Support, Lane Keeping Support dan Collision Warning dengan Emergency Braking, lalu ada electronically controlled brakes, electronic stabilisation system dan skid control.

Sistem suspensi juga sudah dikembangkan sedemikian rupa lalu dikombinasikan dengan berat yang ada di bagian bawah bus sehingga menghasilkan centre of gravity yang rendah serta stabil di jalan.

Volvo 9700 DD menggunakan mesin D11K yang menghasilkan tenaga 460 TK yang dikawinkan dengan transmisi I-Shift. Mesin ini juga bisa diisi dengan solar biasa maupun bio solar.

Spesifikasi Volvo 9700 DD 4m:
Tinggi: 4 m
Panjang: Up to 14,8 m
Jumlah bangku penumpang: Up to 96
Luas Bagasi: Up to 8 m3
Mesin dan transmisi: Volvo D11K producing 460 hp, I-Shift Gearbox
Sasis: Volvo B11RLE, 6x2
Bodi: Carrus Delta Oy
Toilet and pantry sebagai opsional (Kompas.com)