Pesawat Alami Masalah Teknis, Penerbangan Batik Air Silangit-Jakarta Ditunda Sehari, Ini Penjelasan Operasional

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 05/Feb/2021 18:26 WIB
Batik Air Boeing 737-800NG. (Ilustrasi) Batik Air Boeing 737-800NG. (Ilustrasi)

SILANGIT (BeritaTrans.com) - Batik Air dengan penerbangan ID-6833 rute Bandara Internasional Sisingamangaraja XII, Silangit, di Siborongborong, Tapanuli Utara, Sumatra Utara tujuan Bandara Soekarno-Hatta, pada Kamis (04/02/2021) yang mengalami penundaan keberangkatan akhirnya diberangkatkan, pada hari ini, Jumat (5/2/2021). 

"Tamu Batik Air telah mendapatkan kompensasi penundaan keberangkatan menurut ketentuan," ujar Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangnya kepada BeritaTrans.com, Jumat (5/2/2021).

Baca Juga:
Batik Air Resmi Layani Penerbangan Rute Surabaya - Pangkalan Bun

Danang mengatakan, hari ini (05/ 02/2021), Batik Air telah mengakomodir 24 penumpang, untuk melaksanakan penerbangan bersama maskapai lain (transfer airlines) pukul 08.37 WIB dan telah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 10.24 WIB. 

Untuk 63 tamu mengikuti penerbangan ID-6833 dengan menggunakan armada Batik Air yang lain, yakni Boeing 737-800NG registrasi PK-LDH. Pesawat diterbangkan dari Jakarta dan kondisi laik terbang (airworthy for flight). 

Baca Juga:
Batik Air Layani Rute Surabaya-Pangkalan Bun Mulai 16 Februari

Penerbangan tersebut memiliki jadwal keberangkatan pukul 12.10 WIB dan waktu kedatangan di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada 14.20 WIB. 

Sebelumnya, Dijelaskan Danang, Maskapai Batik Air penerbangan ID-6833 dipersiapkan secara baik. Pesawat yang akan dioperasikan Boeing 737-800NG registrasi PK-LDI sudah menjalani pemeriksaan sebelum keberangkatan (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (airworthy for flight). 

Baca Juga:
Batik Air Terbangi Batam - Kuala Lumpur Mulai 17 Februari

Danang melanjutkan, Batik Air yang membawa enam awak pesawat, 91 penumpang dewasa dan tujuh anak-anak serta tiga balita. Jadwal keberangkatan pukul 12.10 dan diperkirakan tiba di Bandara Soetta pada 14.20. 

"Setelah proses semua penumpang masuk ke pesawat udara, ada indikator menyala pada pesawat yang menunjukkan pengecekan lebih lanjut," ujar Danang. 

Untuk itu, pilot dan teknisi memeriksa kembali dan koordinasi kurang lebih 30 menit. Untuk alasan keselamatan dan keamanan penerbangan, seluruh tamu dikembalikan ke ruang tunggu terminal bandar udara. 

"Batik Air memberikan informasi kepada seluruh tamu bahwa penerbangan ID-6833 pada (04/ 02) mengalami penundaan keberangkatan dan akan dipindahkan pada penerbangan Jumat (05/ 02) dikarenakan pesawat harus menjalani pengecekan lebih lanjut (technical) sehingga membutuhkan waktu pengerjaan signifikan," kata Danang. 

Batik Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul sehingga penerbangan para tamu ID-6833 terganggu. 

Batik Air telah memberikan layanan kompensasi penundaan keberangkatan (delay management) berdasarkan ketentuan yang berlaku, seperti kategori makanan ringan (snack), makanan berat (heavy meals), akomodasi (penginapan) serta pengalihan penerbangan dengan maskapai lain. 

Selain itu, Batik Air memfasilitasi sesuai permintaan tamu, yang akan melakukan perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) terdapat tiga tamu serta tiga tamu lainnya mengajukan proses pengembalian dana tiket (refund). 

"Batik Air meminimalisir dampak yang timbul, agar penerbangan Batik Air lainnya tidak terganggu," pungkas Danang.(fhm)