Kemenhub Bersama Komisi V DPR Tinjau Sarpras di Pelabuhan Merak

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 05/Feb/2021 20:22 WIB
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi

MERAK (BeritaTrans.com) - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama Tim Kunjungan Kerja  Komisi V DPR melakukan peninjauan sarana dan prasarana (Sarpras) di Pelabuhan Merak, Banten guna pengawasan pelaksanaan transportasi darat, Jumat (5/2/2021). 

Dalam kunjungannya di Pelabuhan Merak, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, mengatakan, bersamaan dengan kunjungan Kerja Komisi V DPR untuk melakukan pengawasan terhadap sarana serta prasarana pendukung.

Baca Juga:
Pelindo Group Wilayah Kerja Makassar Gelar Halal Bihalal Idulfitri 1445 H

"Khususnya bagi Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan. Dari pengawasan ini juga mendapat masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kenyamanan masyarakat saat menggunakan angkutan penyeberangan," ujar Dirjen Budi.

Dia menyebutkan, terdapat sebanyak 74 unit kapal yang terdiri dari 69 unit kapal reguler dan lima unit kapal ekspres yang menjadi sarana pendukung.

Baca Juga:
Rehabilitasi Pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida Dianggarkan Tahun 2025

Selain itu juga terdapat sebanyak tujuh pasang dermaga yang terdiri dari enam pasang dermaga reguler dan satu pasang dermaga ekspres sebagai prasarana pendukung.

"Dengan sarpras yang memadai ini, merupakan kemajuan besar mudah-mudahan tidak hanya pada kemajuan bagi pelayanan saja tetapi aspek keselamatan dan bermanfaat untuk masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga:
Sepanjang Libur Lebaran, Penumpang ASDP Naik 3%, Kendaraan 9%

Selain itu, Dirjen Budi mengajak seluruh masyarakat terutama operator untuk berperan aktif dalam mematuhi aturan dan regulasi penyelenggaraan yang berlaku. 

Dia juga turut membahas berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tiket Angkutan Penyeberangan Secara Elektronik terdapat beberapa keuntungan yang dirasakan

Di antaranya sebagai solusi mengurangi kemacetan kendaraan dan kerumunan penumpang; tepat waktu; kecepatan input data manifes, modernisasi Pelabuhan dan kemudahan membeli tiket.

Dirjen Budi  berharap ke depannya agar masyarakat dan pengguna jasa transportasi untuk selalu mengikuti anjuran pemerintah seperti menjalankan gerakan hidup sehat dan menjalankan 3M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak antar penumpang.

Dalam acara tersebut, Dirjen Budi didampingi Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Cucu Mulyana, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae bersama rombongan,  dan perwakilan  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). (omy)