Masih Ada Genangan, Stasiun Tawang Semarang belum Bisa Dioperasikan

  • Oleh : Naomy

Minggu, 07/Feb/2021 14:38 WIB
Menhub saat meninjau Stasiun Kereta Api Tawang, Semarang, Ahad (7/2/2021) (BKIP) Menhub saat meninjau Stasiun Kereta Api Tawang, Semarang, Ahad (7/2/2021) (BKIP)

SEMARANG (BeritaTrans.com) - Usai meninjau kondisi Bandara Ahmad Yani, Semarang, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau kondisi Stasiun Kereta Api Tawang.

Lantaran masih terdampak banjir maka Stasiun belum bisa beroperasi karena stasiun dan jalur kereta api tergenang air.

Baca Juga:
Di Solo, Menhub Sahkan Dimulainya Pembangunan Rel KA Layang Terpanjang di Indonesia

“Stasiun Tawang merupakan bangunan heritage (peninggalan bersejarah) sehingga tidak bisa begitu saja diubah-ubah dan dirombak begitu saja dalam rangka melakukan manajemen air untuk menanggulangi genangan,” jelas Menhub saat meninjau Stasiun Tawang, Semarang, Ahad (7/2/2021.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah memiliki sistem manajemen air di sekitar stasiun dan meminta bantuan Kementerian PUPR untuk mengoptimalkannya.

Selanjutnya, Menhub mengungkapkan langkah lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menaikkan ketinggian jalur kereta api sepanjang 500 meter dan menyarankan agar sementara ini kereta api beroperasi hanya sampai Stasiun Poncol saja.

“Untuk penanganan terhadap simpul-simpul transportasi baik di Bandara dan Stasiun, kami akan terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, Kementerian PUPR, dan pihak-pihak terkait lainnya,” ungkap Menhub. 

PT KAI telah melakukan antisipasi yaitu melakukan perubahan pola operasi pada perjalanan kereta api jarak jauh dengan mengalihkan perjalanan ke jalur selatan. Selain itu, juga melakukan pengalihan moda terhadap penumpang kereta api menggunakan transportasi bus. (omy)