Radio Bermasalah, Pesawat Airbus 320 Aeroflot Balik ke Bandara Asal

  • Oleh : Redaksi

Senin, 08/Feb/2021 08:01 WIB
pesawat yang terlibat adalah salah satu dari 64 A320 yang dioperasikan oleh Aeroflot, maskapai berbendera Rusia. Foto: Getty Images pesawat yang terlibat adalah salah satu dari 64 A320 yang dioperasikan oleh Aeroflot, maskapai berbendera Rusia. Foto: Getty Images

MOSKOW (BeritaTrans.com) - Kegagalan radio parsial memaksa Airbus A320 yang dioperasikan oleh Aeroflot untuk kembali ke bandara keberangkatannya.

Saat kejadian, pesawat sedang melayani penerbangan berjadwal dari Moskow, Rusia menuju Amsterdam, Belanda. Tapi bagaimana tepatnya kejadian itu berjalan?

Baca Juga:
Jelang Libur Lebaran, Pelita Air Buka Rute Baru Jakarta-Aceh PP

Penerbangan Aeroflot SU2694 adalah layanan mingguan terjadwal dari Bandara Internasional Moscow Sheremetyevo (SVO) maskapai penerbangan berbendera Rusia. Tujuannya adalah Bandara Schiphol, Amsterdam, yang secara historis menjadi bandara tersibuk ketiga di Eropa berdasarkan volume penumpang.

Menurut The Aviation Herald, iterasi penerbangan Aeroflot SU2694 kemarin tidak berjalan sesuai rencana. Setelah berangkat sedikit di belakang jadwal pada pukul 14:47 waktu setempat, penerbangan mengalami kesulitan tak lama setelah keluar dari ibu kota Rusia.

Baca Juga:
Pelita Air Sambut Kedatangan Armada Ke-10 Jenis Airbus A320

Secara khusus, setelah mendatar di ketinggian 28.000 kaki, awak pesawat melaporkan "kegagalan sebagian dari sistem komunikasi radio," sebagaimana dikonfirmasi oleh maskapai. Sejalan dengan itu, mereka memilih kode transponder untuk kehilangan komunikasi.

Pada tahap ini, kru mulai memeriksa daftar periksa yang relevan. Akhirnya salah satu dari tiga radio pesawat memungkinkan komunikasi dipulihkan sampai batas tertentu. Meskipun demikian, kru memilih untuk kembali ke Moskow, dan turun ke ketinggian 17.000 kaki. Sekarang terbang di ketinggian yang lebih rendah, pesawat memasuki ruang tunggu untuk membakar bahan bakar yang cukup untuk menghindari pendaratan berlebih di Sheremetyevo.

Baca Juga:
Antisipasi Mudik Lebaran 2023, Pelita Air Tambah Armada Pesawat Airbus A320

Penerbangan SU2694 akhirnya mendarat dengan selamat di runway SVO 24L pada pukul 17:29 waktu setempat. Aeroflot mengerahkan Airbus A321 pengganti, terdaftar sebagai VP-BFF, untuk mengangkut penumpang dan awak ke Amsterdam. Pesawat ini berangkat dari Moskow pada 19:20 waktu setempat, dan mendarat di Amsterdam pada 20:30. Secara keseluruhan, penundaan akibat kegagalan radio mencapai empat jam 25 menit.

Pesawat yang mengalami kegagalan radio sebagian adalah Airbus A320-200 dengan registrasi VQ-BEH. Menurut Planespotters.net, pesawat ini berumur lebih dari 11 tahun, dan tiba di Aeroflot pada Desember 2009. Ia juga menyandang nama I. Pavlov / И. Павлов.

VQ-BEH memiliki konfigurasi tempat duduk dua kelas. SeatGuru melaporkan bahwa ini terdiri dari 20 kursi kelas bisnis yang dapat direbahkan dalam tata letak 2-2, diikuti oleh kabin ekonomi standar 120 kursi. Pesawat kembali beroperasi hari ini. Menurut RadarBox.com, penerbangan pertamanya setelah insiden itu mendarat di St Petersburg dari Moskow pada pukul 11:48 waktu setempat.

Tentang Aeroflot di rute Moskow-Amsterdam

Jadwal keberangkatan penerbangan Aroflot di rute Moskow-Amsterdam sedikit berbeda dari minggu ke minggu. Namun, data dari RadarBox.com menunjukkan bahwa 14:25 waktu setempat adalah waktu yang paling umum. Kedatangan di Amsterdam dijadwalkan pukul 16:05 waktu setempat, memberikan durasi yang direncanakan selama tiga jam 40 menit.

Aeroflot umumnya mengerahkan pesawat dari keluarga Airbus A320 pada rute ini. Namun, ada juga kejadian sesekali Boeing 737-800 milik maskapai penerbangan yang mengoperasikan penerbangan SU2694.

Maskapai penerbangan berbendera Belanda KLM menyediakan kompetisi untuk Aeroflot di koridor Moskow-Amsterdam. Sementara itu, AirBridgeCargo memonopoli layanan pengiriman khusus untuk rute tersebut.