Gapeka 2021, Ini dia Peningkatan Layanan KAI Jakarta dan ada Nama KA Diganti

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 09/Feb/2021 12:51 WIB
Kereta api. (Istimewa) Kereta api. (Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mulai Rabu 10 Februari 2021, jumlah perjalanan KA di Daop 1 Jakarta, akan alami perubahan dan sejumlah KA akan tukar nama, karena ditetapkannya aturan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021, yang menggantikan Gapeka 2019. 

Perubahan itu akan menambah jadwal keberangkatan dan waktu KA juga akan semakin cepat. 

Baca Juga:
KAI Daop 1 Jakarta Operasikan KA Tambahan Relasi Pasarsenen-Solo Balapan, Ini Jadwalnya!

Pada aturan baru ini, perjalanan KA Jarak Jauh dari tiga stasiun keberangkatan menjadi berubah menjadi, 35 KAJJ dari Stasiun Gambir, 27 KAJJ dari Stasiun Pasarsenen dan 2 KA JJ dari Stasiun Jakarta Kota. 

Untuk saat ini dimasa pandemi Covid-19, belum seluruh KA yang ada pada program ini dijalankan, terdapat penyesuaian perjalanan yang dapat bertambah atau berkurang sewaktu-waktu. 

Baca Juga:
Daop 1 Jakarta Sukses Berangkatkan Lebih 827 Ribu Penumpang KAJJ Selama Angkutan Lebaran 2024

Adapun untuk saat ini secara realisasi perjalanan KA Jarak Jauh yang beroperasi dari area Daop 1 Jakarta sebanyak 15 KA, yaitu keberangkatan dari Gambir 8 KA, Pasar Senen 6 KA dan Jakarta Kota 1 KA. 

Sebelumnya, Executive Vice President Daop 1 Jakarta, Eko Purwlanto pada keterangannya Selasa (9/2/2021), menyampaikan PT KAI Daop 1 Jakarta menghimbau pelanggan KA untuk memastikan kembali jadwal perjalanan sebelum memesan tiket agar tidak tertinggal KA. 

Baca Juga:
Ketepatan Waktu Keberangkatan KA dari Daop 1 Jakarta Bernilai 99,25 Persen dan Kedatangan 93,63 Persen

Terdapat perubahan jadwal keberangkatan KA pada aturan baru ini. Seperti, KA Argo Lawu relasi Stasiun Gambir menuju Stasiun Solo Balapan yang semula berangkat dari Gambir pukul 21.00 WIB, pada Gapeka baru ini berubah keberangkatannya menjadi pukul 20.00 WIB atau lebih awal 60 menit. 

Adapun peningkatan layanan KA lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta yang berlaku pada Gapeka 2021 antara lain; 

-  Penambahan KA Lokal Merak menjadi 14 perjalanan KA dari sebelumnya hanya 12 perjalanan KA 

-  Perubahan relasi KA Lokal Walahar  yang sebelumnya memiliki relasi Tanjung Priok - Cikampek - Purwakarta (pp) menjadi Cikarang - Cikampek - Purwakarta (pp) 

-  Penambahan pemberhentian jumlah KA Jarak Jauh di Stasiun Bekasi yakni 24 KA melayani penumpang naik dan 42 KA melayani penumpang turun, Sehingga pada Gapeka 2021 terdapat 66 KAJJ yang melayani naik/turun penumpang di Stasiun Bekasi. 

-  Peningkatan kecepatan yang berdampak pada pengurangan waktu tempuh. Pada lintas Jatinegara - Bekasi dari 90km/jam menjadi 100 km/jam. Lintas Bekasi - Cikampek dari 100km/jam menjadi 105 km/jam, lintas Jatinegara-Bekasi (DDT) dari 90km/jam menjadi 100 km/jam, dan lintas Serang-Rangkasbitung dari 65 km/jam menjadi 80 km/jam. 

-  Perubahan nama KA Bangunkarta menjadi KA Brawijaya dan KA Anjasmoro menjadi KA Bangunkarta. 

Untuk diketahui, grafik perjalanan kereta api atau Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api. (fahmi)