Tangki Bahan Bakar Bocor, Pesawat Boeing 737-800 American Airlines Balik ke Bandara Asal

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 10/Feb/2021 07:31 WIB


MIAMI (BeritaTrans.com) - Pesawat Boeing 737-800 American Airlines kembali ke Miami pada hari Sabtu setelah mengalami kebocoran bahan bakar.

Pesawat mengalami ketidakseimbangan bahan bakar dan diduga terjadi kebocoran di sayap kanan. Itu menyebabkan pilot membatalkan penerbangan dan kembali ke bandara.

Baca Juga:
Garuda Indonesia Tambah 3 Pesawat Boeing 737-800 Setelah Lolos dari Kepailitan

Simon Hradecky pertama kali melaporkan kejadian itu di The Aviation Herald. Laporan itu mengungkapkan pesawat yang dimaksud adalah Boeing 737-800 yang terdaftar sebagai N843NN.

Pesawat itu mengoperasikan AA299 ke Teluk Montego. AA299 adalah keberangkatan tengah pagi ke Sangster International di Jamaika.

Baca Juga:
Tabrakan Libatkan Pesawat Boeing 777-300ER dan Boeing 737-800 Biman Bangladesh Airlines di Hanggar Bandara

American Airlines menginformasikan ada 60 penumpang dan enam awak pada penerbangan hari Sabtu.

Perangkat lunak pelacak penerbangan memperlihatkan pesawat terbang dari Miami International pada pukul 09:05 pada Sabtu pagi.

Baca Juga:
Kegagalan Sistem Pitot-Statis Dituding Jadi Penyebab Menukik Tajamnya Pesawat Boeing 737-800 Malaysia Airlines

N843NN lepas landas ke arah tenggara, melacak menuju Key Biscayne. Berbelok ke arah selatan, pesawat kemudian mengikuti arah paralel ke pulau sebelum mengambil arah ke tenggara dan menuju lepas pantai.

Empat menit setelah penerbangan, dengan kecepatan sekitar 3.400 meter dan kecepatan 600 kilometer per jam, pendakian berhenti.

Pada titik ini, N843NN sedang menuju perairan biru, diposisikan kira-kira di tengah-tengah antara Key Biscayne dan Elliott Key.

Menurut The Aviation Herald, para pilot menghentikan pendakian karena diduga ada kebocoran bahan bakar.

Setelah mempertahankan ketinggian selama kurang lebih delapan menit, pilot mulai mendaki lagi. Pesawat itu naik di bawah 6.000 meter.

Awak melaporkan ketidakseimbangan bahan bakar dan dugaan kebocoran di sayap kanan.

Mereka memastikan bahan bakar bocor saat pendakian. Pilot membuat keputusan untuk kembali ke Miami.

Jauh di sebelah barat, tetapi kira-kira sejajar dengan Pulau Williams, pesawat berbalik dan kembali. AA299 mendarat dengan selamat pada pukul 09:55. Dalam pernyataan yang diberikan kepada Simple Flying, juru bicara American Airlines mengatakan;

"Pesawat itu mendarat tanpa insiden dan meluncur ke gerbang dengan kekuatannya sendiri tempat pelanggan turun secara normal."

Ilustrasi kebcoroan tangki bahan bakar.

Ini adalah insiden kedua tahun ini yang melibatkan N843NN dan masalah bahan bakar. N843NN adalah pesawat yang relatif muda, baru tiba di American Airlines pada pertengahan 2010.

Pada 4 Januari tahun ini, pesawat yang sama kembali ke Miami setelah pilot melaporkan masalah dengan sistem bahan bakar. Seperti insiden hari Sabtu, pilot mengumumkan keadaan darurat.

(jasmine/sumber: simpleflying.com).