Jelang Imlek, Pengecekan GeNose di Stasiun Pasar Senen Layani 1200 Calon Penumpang

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 11/Feb/2021 16:42 WIB
Alat tes GeNose. (Istimewa) Alat tes GeNose. (Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Jelang hari libur Imlek, pengecekan tes GeNose bagi penumpang KA Jarak Jauh dengan keberangkatan dari Daop Jakarta alami peningkatan. Hal itu dapat dilihat di stasiun yang melayani tes GeNose di Jakarta. 

"Terkait layanan GeNose untuk pemeriksaan deteksi dini Covid-19 yang dilaksanakan di Stasiun Pasar Senen Sejak 3 Februari 2021 hingga kini masih berlangsung dengan kondusif," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, pada keterangannya, Kamis (11/2/2021). 

Baca Juga:
Menhub Temui MILT dan JICA, Bahas Perkembangan Sejumlah Infrastruktur Transportasi dengan Jepang

Tercatat sejak 3 Feb s.d 10 Feb 2021 sekitar 9.834 calon penumpang menggunakan layanan Genose di Stasiun Pasar Senen untuk melengkapi persyaratan berkas pada perjalanan KA Jarak Jauh dari area Daop 1 Jakarta. 

Untuk hari ini pada 11 Feb 2021, berdasarkan data update pukul 12.00 terdapat sekitar 1200 calon penumpang menggunakan layanan GeNose di Stasiun. 

Baca Juga:
Hari Kedua Kunker Menhub di Jepang, Siap Fasilitasi Investasi TOD MRT Jakarta

Sebagai upaya agar layanan GeNose di Stasiun Pasar Senen dapat berjalan dengan baik, jumlah perangkat telah ditambah sebanyak empat unit sehingga untuk saat ini layanan GeNose beroperasi dengan menggunakan 10 perangkat untuk membaca hasil sampel. 

PT KAI Daop 1 Jakarta juga telah melakukan pengaturan pada alur penumpang di layanan GeNose dan Rapid agar meski terjadi kepadatan. Namun, jarak fisik tertap terjaga dan protokol pencegahan Covid 19 diterapkap dengan baik. 

Baca Juga:
Top, Selama Triwulan I, Volume Penumpang Kereta Api Naik 11%

Pada layanan GeNose, area terbagi menjadi tiga zona untuk memisahkan sejumlah aktifitas diarwa tersebut. Adapun zona satu digunakan sebagai area untuk aktifitas pendaftaran, zona dua pengambilan sampel dan pembacaan hasil serta zona tiga dikhususkan untuk area tunggu pengambilan hasil dalam bentuk berkas. 

Sejumlah upaya tersebut dilakukan agar protokol pencegahan Covid 19 tetap berjalan baik di Stasiun. Daop 1 Jakarta menghimbau seluruh masyarakat yang beraktifitas di Stasiun dan menggunakan KA Jarak Jauh agar mengikuti seluruh aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan terkait protokol kesehatan. (fahmi)