Kemenhub Fasilitasi Kepulangan 221 TKI dari Malaysia via Pelabuhan Teluk Nibung

  • Oleh : Naomy

Kamis, 11/Feb/2021 17:26 WIB
Ketibaan WNI TNI dari Malaysia Ketibaan WNI TNI dari Malaysia


TANJUNG BALAI (BeritaTrans.com) – Warga Negara Indonesia (WNI) asal Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara yang bekerja di Malaysia sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berhasil dipulangkan ke daerah asal. 

WNI tersebut merupakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berjumlah 221 orang asal Kabupaten Batu Bara dilaksanakan di Pelabuhan Teluk Nibung Kota Tanjung Balai Asahan.

Baca Juga:
Rehabilitasi Pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida Dianggarkan Tahun 2025

Pemulangan 221 WNI tersebut hasil membuktikan kehadiran Pemerintah melalui Ditjen Perhubungan Laut Kemeyterian Perhubungan yang memberikan perhatian terhadap setiap warga negaranya. 

Hal tersebut terwujud berkat kerja sama antara Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Balai Asahan bersama dengan Pemerintah Daerah yaitu Pemerintah Kabupaten Batu Bara, Pemerintah Kota Tanjung Balai, serta TNI dan Polri setempat.

Baca Juga:
Ribuan Peserta Arus Balik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut Tinggalkan Semarang ke Jakarta

“Hari ini kami melakukan pengamanan dalam rangka penjemputan warga Kabupaten Batubara yang bekerja sebagai TKI di Malaysia sebanyak 221 orang yang dipimpin Bupati Batu Bara dan Walikota Tanjung Balai,” ujar Kepala KSOP Tanjung Balai Asahan Afrizal Tanjung di Pelabuhan Teluk Nibung Kota Tanjung Balai Asahan Sumatera Utara, Kamis (11/2/2021).

Kapal yang mengangkut 221 WNI berangkat dari Pelabuhan Port Klang Malaysia, Rabu (10/2/2021) pukul 17.45 WIB dan tiba di Pelabuhan Teluk Nibung pukul 23.30 WIB. 

Baca Juga:
Sesditjen Hubla Tinjau Pelabuhan Muara Angke

“Berhubung pasang surut air laut, kapal sandar baru bisa dilaksanakan dini hari tadi pukul 01.00 WIB,” katanya.

Selanjutnya, terdapat enam orang yang dilaporkan dalam kondisi sakit. Berdasarkan informasi tersebut, Tim Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Batu Bara langsung bertindak dan mengevakuasi  dengan menggunakan mobil Ambulance untuk dilakukan PCR Test.

Pada saat yang bersamaan, kata dia, Tim Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Kabupaten Batu Bara juga melakukan rapid test kepada seluruh WNI yang berhasil dipulangkan. 

“Hasilnya negatif,” tutur Afrizal.

Kemudian pada pukul 02.10 WIB, seluruh TKI yang sudah diperiksa kesehatannya langsung diarahkan untuk naik ke bus yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Batu Bara untuk dibawa ke Posko Gugus Induk Covid-19 Kabupaten Batubara untuk dilaksanakan sesuai prosedur tetap setempat. 

“Pukul 04:00 WIB seluruh proses evakuasi dinyatakan selesai dalam keadaan aman dan kondusif,” tutupnya.

Sebagai informasi, Pelabuhan Teluk Nibung Tanjung secara geografis terletak di tepi Sungai Asahan dimana sungai tersebut mengalir ke Pantai Timur Pulau Sumatera. (omy)